Example: tourism industry

BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang - UNUD

1 BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Pekerjaan konstruksi merupakan kombinasi dari berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, baik dilihat dari segi teknis konstruksi maupun dari segi non teknisnya dan termasuk juga di dalamnya unsur sumber daya manusianya (man power). Dalam pekerjaan konstruksi selalu menyangkut dengan penyelenggaraan pekerjaan konstruksi dan masyarakat penyelenggara pekerjaan konstruksi itu sendiri. Dimana penyelenggaraan pekerjaan konstruksi ini wajib memenuhi ketentuan tentang keteknikan, keselamatan dan kesehatan kerja (K3), perlindungan tenaga kerja, serta tata lingkungan setempat untuk menjamin terwujudnya tertib penyelenggaraan pekerjaan konstruksi. Terkait dengan potensi risiko kecelakaan kerja pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi, maka pengetahuan akan K3 pada suatu proyek konstruksi saat ini telah menjadi kebutuhan mendasar.

1 BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang Pekerjaan konstruksi merupakan kombinasi dari berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, baik dilihat dari segi teknis konstruksi maupun dari segi non teknisnya dan termasuk juga di dalamnya unsur sumber daya manusianya (man power). Dalam pekerjaan konstruksi selalu menyangkut dengan penyelenggaraan

Tags:

  Pendahuluan 1, Pendahuluan, Bab 1

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of BAB I PENDAHULUAN 1.1 Latar Belakang - UNUD

1 1 BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Pekerjaan konstruksi merupakan kombinasi dari berbagai macam disiplin ilmu pengetahuan, baik dilihat dari segi teknis konstruksi maupun dari segi non teknisnya dan termasuk juga di dalamnya unsur sumber daya manusianya (man power). Dalam pekerjaan konstruksi selalu menyangkut dengan penyelenggaraan pekerjaan konstruksi dan masyarakat penyelenggara pekerjaan konstruksi itu sendiri. Dimana penyelenggaraan pekerjaan konstruksi ini wajib memenuhi ketentuan tentang keteknikan, keselamatan dan kesehatan kerja (K3), perlindungan tenaga kerja, serta tata lingkungan setempat untuk menjamin terwujudnya tertib penyelenggaraan pekerjaan konstruksi. Terkait dengan potensi risiko kecelakaan kerja pada pelaksanaan pekerjaan konstruksi, maka pengetahuan akan K3 pada suatu proyek konstruksi saat ini telah menjadi kebutuhan mendasar.

2 Aspek K3 tidak akan bisa berjalan seperti seharusnya tanpa adanya intervensi dari manajemen berupa upaya terencana untuk mengelolanya (safety management), yang sering disebut Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3). K3 konstruksi bukanlah sesuatu yang baru, mengingat ada beberapa regulasi terkait K3 sudah ada sejak Tahun 1970, seperti Undang Undang No. 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja, dan beberapa tahun lalu Pemerintah juga menerbitkan Peraturan Menteri No. 9 Tahun 2008 tentang SMK3. 2 Standar Keselamatan Kerja yang belum memadai dan masih tingginya angka kecelakaan kerja di Indonesia, merupakan bukti lemahnya perhatian terhadap pentingnya aspek K3 pada pekerjaan konstruksi. Sebagai gambaran, data angka kecelakaan kerja dari PT.

3 Jamsostek Tahun 2011 di Indonesia tercatat kasus kecelakaan kerja, dimana terdapat orang meninggal, 42 orang cacat total. Sebagian besar pekerja yang ditanyakan mengenai berbagai hal tentang K3, tidak mengetahui secara jelas mengenai K3 meskipun pernah mendengarnya. Hal ini berarti bahwa persoalan K3 bagi pekerja ditempatkan jauh di bawah persoalan seperti upah rendah serta hak hak lainnya. Banyak perusahaan yang tidak menyediakan alat keselamatan dan pengaman untuk pekerjanya, dan banyak juga pengusaha yang mengabaikan K3 karena dianggap mengeluarkan biaya tambahan. Secara umum pengetahuan tentang K3 sangat luas, akan tetapi ada beberapa komponen K3 yang dipandang penting untuk dijadikan tolak ukur pemahaman K3.

4 Komponen kompenen tersebut adalah Definisi dan Inisiasi K3, Sistem Manajemen K3 (SMK3), Alat Pelindung Diri (APD), Sarana dan Prasarana K3, Risiko K3. Definisi dan inisiasi bermanfaat untuk gambaran awal tentang K3 pada suatu proyek konstruksi yang erat kaitannya dengan pengenalan secara umum seperti misalnya definisi istilah istilah, kepanjangan dari singkatan singkatan, arti dan makna lambang K3, struktur organisasi yang terlibat, pihak internal dan eksternal terkait fungsi pelaksanaan K3, dan sebagainya. Proses SMK3 menggunakan pendekatan PDCA (Plan Do Check Action) yaitu mulai dari perencanaan, penerapan, pemeriksaan, dan tindakan perbaikan. Dengan demikian, 3 SMK3 akan berjalan terus menerus secara berkelanjutan selama aktivitas organisasi masih berlangsung.

5 Perlindungan keamanan dan keselamatan pekerja dalam suatu kegiatan konstruksi seharusnya dilakukan secara sungguh sungguh melalui berbagai cara untuk mengurangi sumber bahaya dengan menggunakan alat pelindung diri (personal protective devices). Namun dalam realisasinya pemakaian Alat Pelindung Diri (APD) masih sangat sulit, mengingat para pekerja akan menganggap bahwa alat ini akan mengganggu pekerjaan. Begitu juga dengan sarana dan prasarana K3 yang memadai, seperti misalnya tersedia atau tidaknya fasilitas MCK, tempat sampah organik atau anorganik, pengelolaan limbah, yang secara tidak langsung juga bisa mempengaruhi perilaku pekerja saat bekerja. Komponen penting lainnya yaitu risiko K3, yang menggambarkan besarnya potensi bahaya pada pekerjaan konstruksi untuk dapat menimbulkan insiden atau cedera pada pekerja yang ditentukan oleh kemungkinan dan keparahan yang diakibatkannya, sehingga harus dikelola dan dihindarkan melalui manajemen K3 yang baik.

6 Dalam penulisan ini, penulis mengambil objek penelitian pada Proyek Pembangunan Jalan Tol Nusa Dua Ngurah Rai Benoa Paket 3 dengan Penyedia Jasanya adalah Wika-Adhi-Hutama KSO dengan Lead Contractor PT. Hutama Karya Persero (Tbk). Cakupan pekerjaannya meliputi Main Road, Simpang Susun Ngurah Rai, Jalan Akses Ngurah Rai, dan Persimpangan Sebidang Jalan Ngurah Rai. Pelaksanaan konstruksi proyek pembangunan jalan tol ini sebagian besar di atas laut dengan beberapa potensi hambatan yang dihadapi antara lain bekerja 4 di ketinggian, pencahayaan saat bekerja malam hari, dipengaruhi kondisi pasang surut air laut, angin kencang yang tidak bisa diprediksi. Di samping itu, terdapat beberapa identifikasi bahaya dan risiko pada saat pelaksanaan pekerjaan seperti perahu terbalik, terkena alat kerja manual, jatuh dari ketinggian, tersengat listrik, tertimpa benda berat, terkena manuver alat, paparan debu tanah, kemacetan lalu lintas, jatuh ke air dalam, terjepit tiang pancang, suara keras di atas 86 db, terjepit bar cutter/bender, terimpa precast, dan sebagainya.

7 Oleh karena sudah teridentifikasi bahaya dan risiko pekerjaan pada proyek di atas laut ini, maka dari pihak penyedia jasa sudah seharusnya melakukan upaya manajemen yaitu adanya tindakan preventif , tanggap darurat dan mitigasi. Penerapan Safety Induction dan mekanisme penggunaan APD merupakan prioritas bagi keselamatan pekerja. Akan tetapi, pada pelaksanaan di lapangan, masih saja terdapat pekerja yang tidak mengikuti aturan yang sudah menjadi kebijakan mutu dan K3 perusahaan. Ada pekerja yang tidak sadar bahwa dia tidak kompeten dan mempunyai kebiasaan berperilaku tidak aman (unsafe action), ada pekerja yang tahu bagaimana melakukan pekerjaannya dengan aman dan selamat, tetapi tidak dilakukan, dan ada juga pekerja yang menyadari dirinya berkompeten, tetapi perlu pengarahan dan bimbingan dari orang lain.

8 Secara umum terdapat ketimpangan antara pengetahuan tentang K3 dengan perilaku pekerja di tempat kerja. Dari Latar Belakang permasalahan di atas, maka penulis ingin meneliti mengenai pengaruh pengetahuan K3 pada pekerjaan konstruksi terhadap perilaku pekerja konstruksi di tempat kerja dilihat dari beberapa aspek terkait K3 seperti 5 definisi dan inisiasi, sistem manajemen, mekanisme APD, sarana dan prasarana, serta risiko K3. Rumusan Masalah Berdasarkan Latar Belakang di atas, terdapat permasalahan sebagai berikut: 1. Bagaimana pengaruh pengetahuan K3 terhadap perilaku pekerja konstruksi dilihat dari beberapa aspek terkait K3 seperti definisi dan inisiasi, sistem manajemen, mekanisme APD, sarana dan prasarana, serta risiko K3? 2. Bagaimana pengaruh variabel-variabel pengetahuan K3 secara bersama-sama terhadap perilaku pekerja konstruksi?

9 3. Bagaimana pengaruh variabel-variabel pengetahuan K3 secara parsial terhadap perilaku pekerja konstruksi? Tujuan Penelitian Adapun tujuan umum maupun tujuan khusus pada penelitian ini adalah sebagai berikut: Tujuan Umum Penelitian Untuk mengetahui pengaruh pengetahuan K3 terhadap perilaku pekerja konstruksi dilihat dari beberapa aspek terkait K3 seperti definisi dan inisiasi, sistem manajemen, mekanisme APD, sarana dan prasarana, serta risiko K3. Tujuan Khusus Penelitian a. Untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel pengetahuan K3 secara bersama-sama terhadap perilaku pekerja konstruksi. 6 b. Untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel pengetahuan K3 secara parsial terhadap perilaku pekerja konstruksi. Manfaat Penelitian Manfaat Praktis Manfaat praktis yang diharapkan dari hasil penelitian adalah seperti berikut yaitu: 1.

10 Bagi penyedia jasa konstruksi, hasil penelitian ini diharapkan memberi masukan bagi instansi dalam rangka meningkatkan perlindungan bagi pekerja terkait dengan regulasi yang mengatur K3. 2. Bagi pekerja konstruksi, hasil penelitian ini bisa dijadikan salah satu pedoman bahwa betapa pentingnya penerapan K3 Konstruksi pada tempat kerja dan bisa mengubah pola perilaku pekerja dari berisiko menjadi mengutamakan keselamatan kerja. Manfaat Akademis Manfaat akademis yang diharapkan dari hasil penelitian adalah seperti berikut yaitu: 1. Untuk bidang ilmu pengetahuan, hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan, khususnya pada pengembangan upaya upaya untuk menghasilkan terobosan baru di bidang K3 Konstruksi.


Related search queries