Example: bachelor of science

BUKU AJAR RETORIKA - Unila

BUKU AJAR. RETORIKA . i RETORIKA Undang-undang Tahun 2002 Tentang Hak Cipta Pasal 72. 1. Barang siapa dengan sengaja melanggar dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam pasal ayat (1) atau pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling sedikit 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit ,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak ,00 (lima miliar rupiah). 2. Barang siapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelangaran hak cipta terkait sebagai dimaksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5. (lima) tahun dan/atau denda paling banyak ,00.

sebagai public speaking atau berbicara di depan umum. Pengertian retorika juga dapat dilihat secara sempit dan secara luas. Secara sempit retorika hanya meliputi seni berbicara, sedangkan secara luas retorika mengenai penggunaan bahasa, baik lisan maupun tulisan. Pengertian yang umum diketahui di masyarakat adalah pengertian

Tags:

  Speaking

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of BUKU AJAR RETORIKA - Unila

1 BUKU AJAR. RETORIKA . i RETORIKA Undang-undang Tahun 2002 Tentang Hak Cipta Pasal 72. 1. Barang siapa dengan sengaja melanggar dan tanpa hak melakukan perbuatan sebagaimana dimaksud dalam pasal ayat (1) atau pasal 49 ayat (1) dan ayat (2) dipidana dengan pidana penjara masing-masing paling sedikit 1 (satu) bulan dan/atau denda paling sedikit ,00 (satu juta rupiah), atau pidana penjara paling lama 7 (tujuh) tahun dan/atau denda paling banyak ,00 (lima miliar rupiah). 2. Barang siapa dengan sengaja menyiarkan, memamerkan, mengedarkan, atau menjual kepada umum suatu ciptaan atau barang hasil pelangaran hak cipta terkait sebagai dimaksud pada ayat (1) dipidana dengan pidana penjara paling lama 5. (lima) tahun dan/atau denda paling banyak ,00.

2 (lima ratus juta rupiah). RETORIKA ii BUKU AJAR. RETORIKA . Dhanik Sulistyarini, , MComm&MediaSt Dr. Anna Gustina Zainal, PENERBIT: CV. AA. RIZKY. 2020. iii RETORIKA BUKU AJAR. RETORIKA . Penerbit CV. AA RIZKY. Penulis: Dhanik Sulistyarini, , MComm&MediaSt Dr. Anna Gustina Zainal, Editor : Khaerul Ikhwan Desain Sampul dan Tata Letak: Tim Kreasi CV. AA. RIZKY. Cetakan Pertama, Mei 2020. Penerbit: CV. AA. RIZKY. Jl. Raya Ciruas Petir, Puri Citra Blok B2 No. 34. Kecamatan Walantaka, Kota Serang - Banten, 42183. Hp. 0819-06050622, Website : E-mail: ISBN : 978-623-7726-81-4. viii + 174 hlm, 23 cm x 15,5 cm Copyright 2020 CV. AA. RIZKY. Hak cipta dilindungi undang-undang Dilarang memperbanyak Modul ini dalam bentuk dan dengan cara apapun tanpa ijin tertulis dari penulis dan penerbit.

3 Isi diluar tanggungjawab Penerbit. RETORIKA iv PRAKATA. Puji syukur kehadirat Allah SWT atas berkah dan ridho Nya penulis dapat menyelesaikan pembuatan buku ajar untuk Mata Kuliah RETORIKA dengan judul yang sama dengan nama mata kuliah ini. Pembuatan buku ajar ini dilakukan untuk membantu mahasiswa dalam mengikuti perkuliahan dan memahami materi terkait RETORIKA . Buku ini terdiri dari sepuluh bab yang di dalam masing-masing bab berisikan pendahuluan (kompetensi dasar, indikator dan tujuan kegiatan pembelajar), penyajian materi, latihan, pustaka rujukan dan glossary/senarai dari masing-masing materi yang dibahas dalam bab tersebut. Besar harapan penulis, buku ajar ini dapat menjadi salah satu rujukan bagi dosen dan mahasiswa dalam mengikuti proses belajar mengajar dikelas.

4 Pada kesempatan ini penulis juga menghaturkan banyak terima kasih bagi semua pihak yang tidak dapat disebutkan satu persatu yang telah membantu dalam penulisan buku ajar ini. Kritik dan saran yang sifatnya membangun sangat penulis harapkan untuk perbaikan buku ajar ini dimasa yang akan datang. Terima kasih Bandar Lampung, Mei 2020. Penulis v RETORIKA DAFTAR ISI. PRAKATA .. v DAFTAR ISI .. vi BAB I SEKILAS TENTANG RETORIKA .. 1. A. PENDAHULUAN .. 1. B. PENYAJIAN MATERI .. 2. C. RANGKUMAN .. 12. D. LATIHAN/TUGAS/ PERCOBAAN .. 13. E. PUSTAKA RUJUKAN .. 13. F. GLOSARI /SENARAI .. 14. BAB II SEJARAH DAN PERKEMBANGAN. RETORIKA .. 15. A. Pendahuluan .. 15. B. Penyajian Materi .. 16. C. Rangkuman .. 37. D. Latihan/Tugas/ Percobaan .. 37. E.

5 Pustaka Rujukan .. 38. F. Glosari /Senarai .. 38. BAB III RETORIKA SEBAGAI ILMU .. 39. A. Pendahuluan .. 39. B. Penyajian Materi .. 40. C. Rangkuman .. 65. D. Latihan/Tugas/ Percobaan .. 66. E. Pustaka Rujukan .. 67. F. Glosari /Senarai .. 68. RETORIKA vi BAB IV FUNGSI, JENIS, STRATEGI DAN GAYA. RETORIKA .. 69. A. Pendahuluan .. 69. B. Penyajian 70. C. Rangkuman .. 85. D. Latihan/Tugas/ Percobaan .. 87. E. Pustaka Rujukan .. 87. F. Glosari /Senarai .. 88. BAB V UNSUR-UNSUR DALAM RETORIKA .. 89. A. Pendahuluan .. 89. B. Penyajian 90. C. Rangkuman .. 102. D. Latihan/Tugas/Percobaan .. 103. E. Pustaka Rujukan .. 103. F. Glosari /Senarai .. 103. BAB VI PERAN RETORIKA DALAM. KEHIDUPAN .. 105. A. Pendahuluan .. 105. B. Penyajian 106. C. Rangkuman.

6 113. D. Latihan/Tugas/Percobaan .. 113. E. Pustaka Rujukan .. 114. BAB VII JENIS-JENIS PIDATO .. 115. A. Pendahuluan .. 115. B. Penyajian 116. C. Rangkuman .. 133. D. Latihan/Tugas/Percobaan .. 134. E. Pustaka Rujukan .. 134. F. Glosari /Senarai .. 134. vii RETORIKA BAB VIII PERSIAPAN DAN PENYUSUNAN. PIDATO .. 135. A. Pendahuluan .. 135. B. Penyajian Materi .. 136. C. Rangkuman .. 142. D. Latihan/Tugas/Percobaan .. 142. E. Pustaka Rujukan .. 143. F. Glosari /Senarai .. 143. BAB IX PENYAMPAIAN PIDATO .. 145. A. Pendahuluan .. 145. B. Penyajian Materi .. 146. C. Rangkuman .. 153. D. Latihan/Tugas/Percobaan .. 153. E. Pustaka Rujukan .. 154. F. Glosari /Senarai .. 155. BAB X RAPAT DAN MODERATOR .. 157. A. Pendahuluan .. 157. B. Penyajian Materi.

7 157. C. Rangkuman .. 167. D. Latihan/Tugas/Percobaan .. 171. E. Pustaka Rujukan .. 172. F. Glosari /Senarai .. 172. TENTANG PENULIS .. 173. RETORIKA viii BAB I. SEKILAS TENTANG RETORIKA . A. Pendahuluan Bab ini memberikan penjelasan mengenai berbagai hal tentang RETORIKA , termasuk mengenai istilah RETORIKA , pengertian RETORIKA , dan unsur-unsur pendukung RETORIKA . Kompetensi dasar Setelah membaca bab ini mahasiswa akan lebih memahami mengenai istilah RETORIKA dan pengertiannya, serta unsur-unsur pendukung RETORIKA . Indikator Mahasiswa mampu menjelaskan berbagai istilah RETORIKA Mahasiswa mampu menjelaskan beberapa pengertian berkaitan dengan konsep RETORIKA Mahasiswa mampu memahami dan menjelaskan kembali pengertian dan unsur-unsur pendukung RETORIKA Tujuan Pembelajaran Melalui pelaksanaan perkuliahan dalam satu kali pertemuan di dalam kelas, diharapkan mahasiswa mampu untuk memahami isi materi yang disampaikan dalam proses belajar mengajar, sesuai dengan yang tercantum dalam kompetensi dasar.

8 1 RETORIKA B. Penyajian Materi Sekilas Tentang RETORIKA 1. Istilah RETORIKA Kemampuan berbicara merupakan kemampuan berkomunikasi yang sangat mendasar yang dimiliki oleh manusia. Sejak lahir manusia sudah berkomunikasi dengan cara menangis saat bayi, selanjutnya kemampuan berkomunikasinya semakin meningkat seiring dengan waktu. Sebagian besar komunikasi yang dilakukan oleh manusia berupa komunikasi secara lisan, salah satunya dengan RETORIKA . RETORIKA berasal dari bahasa Inggris rhetoric dan bersumber dari bahasa Latin rhetorica yang berarti ilmu berbicara. RETORIKA sebagai ilmu memiliki sifat-sifat rasional, empiris, umum, dan akumulatif (Harsoyo dalam Susanto dalam Rajiyem, 2005). Rasional berarti apa yang disampaikan oleh seorang pembicara harus tersusun secara sistematis dan logis.

9 Empiris berarti menyajikan fakta-fakta yang dapat diverifikasi oleh panca indera. Umum artinya kebenaran yang disampaikan tidak bersifat rahasia dan tidak dirahasikan karena memiliki nilai sosial. Akumulatif merupakan ilmu yang mengatakan RETORIKA sebagai public speaking atau berbicara di depan umum. Pengertian RETORIKA juga dapat dilihat secara sempit dan secara luas. Secara sempit RETORIKA hanya meliputi seni berbicara, sedangkan secara luas RETORIKA mengenai penggunaan bahasa, baik lisan maupun tulisan. Pengertian yang umum diketahui di masyarakat adalah pengertian RETORIKA secara sempit, dimana RETORIKA hanya meliputi seni berbicara. RETORIKA 2. Menurut Marta (2014) meskipun RETORIKA mencakupi seluruh penggunaan bahasa, tetapi dalam kajian semiotik bahasa (bahasa sebagai kajian semiotik).

10 Tidak disebutkan bahwa RETORIKA merupakan bagian dari kajian semiotik. Dalam semiotik bahasa hanya disebutkan tiga bidang saja yang merupakan bagian kajiannya, yakni sintaktik, semantik, dan pragmatik. Sintaktik disebutkan merupakan kajian tentang hubungan formal antara unsur- unsur bahasa; semantik adalah kajian tentang hubungan antara unsur bahasa dengan objek yang ditunjuk; dan pragmatik adalah kajian tentang unsur bahasa dengan pemakainya dan para penaksir. Istilah RETORIKA pada awalnya diperkenalkan oleh Aristoteles (384-322 SM). Setelah itu istilah RETORIKA menyebar luas dan digunakan dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, kesenian, jurnalistik, pendidikan, dan lain-lain. Oleh karena itu terkadang muncul ungkapan RETORIKA politik , RETORIKA dagang , RETORIKA jurnalistik , dan sebagainya.


Related search queries