Example: air traffic controller

ISBN : 978-602-6937-21-6 - Universitas Muhammadiyah …

ISBN : 978-602-6937-21-6 Page i inovasi MODEL PEMBELAJARAN Sesuai Kurikulum 2013 Penulis: Nurdyansyah, Eni Fariyatul Fahyuni. Nizamial Learning Center 2016 ~ ii ~ inovasi MODEL PEMBELAJARAN Sesuai Kurikulum 2013 Penulis : Nurdyansyah, , Eni Fariyatul Fahyuni. Layout & Desain cover: Nurdyansyah, Diterbitkan oleh: Nizamia Learning Center Sidoarjo Cetakan pertama, Mei 2016 Dilarang mengcopy tanpa ada izin resmi dari penerbit Hak cipta dilindungi oleh undang-undang ISBN : ~ iii ~ PRAKATA PENGANTAR Assalamu alaikum Dengan senantiasa menyebut kebesaran Nama Allah SWT atas karunia yang telah dilimpahkan kepada kita semua, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas diterbitkannya buku berjudul inovasi Model Pemb

Semoga dengan hadirnya buku Inovasi Model Pembelajaran yang telah terintegrasi dengan Kurikulum 2013” yang ditulis oleh Eni Fariyatul F. M.Pd.I dan Nurdyansyah, M.Pd ini, dapat menginspirasi para praktisi dan ahli pendidikan yang lain untuk senantiasa tidak berhenti menggali dan menggali secara mendalam teori-teori belajar dan

Tags:

  Pendidikan, Inovasi

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of ISBN : 978-602-6937-21-6 - Universitas Muhammadiyah …

1 ISBN : 978-602-6937-21-6 Page i inovasi MODEL PEMBELAJARAN Sesuai Kurikulum 2013 Penulis: Nurdyansyah, Eni Fariyatul Fahyuni. Nizamial Learning Center 2016 ~ ii ~ inovasi MODEL PEMBELAJARAN Sesuai Kurikulum 2013 Penulis : Nurdyansyah, , Eni Fariyatul Fahyuni. Layout & Desain cover: Nurdyansyah, Diterbitkan oleh: Nizamia Learning Center Sidoarjo Cetakan pertama, Mei 2016 Dilarang mengcopy tanpa ada izin resmi dari penerbit Hak cipta dilindungi oleh undang-undang ISBN : ~ iii ~ PRAKATA PENGANTAR Assalamu alaikum Dengan senantiasa menyebut kebesaran Nama Allah SWT atas karunia yang telah dilimpahkan kepada kita semua, saya menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas diterbitkannya buku berjudul inovasi Model Pembelajaran sesuai Kurikulum 2013 yang masih cukup langka di percaturan dunia pendidikan nasional.

2 Mengapa masih cukup langka? Saya berani mengatakan demikian karena masih jarang para praktisi dan ahli pendidikan nasional yang memfokuskan tulisannya untuk membedah secara mendalam model-model pembelajaran sebagai bagian dari variable pembelajaran yang sangat penting dan menentukan tingkat keberhasilan pembelajaran. Efektifitas, efisiensi dan daya tarik pembelajaran yang menjadi indikator tingkat keberhasilan pembelajaran, sangat ditentukan oleh model pembelajaran yang diterapkan oleh guru atau dosen.

3 Lingkup model pembelajaran adalah lingkup mikro, bagaimana sebuah metode pembelajaran dengan segenap prosedur strateginya diaplikasikan dan diuraikan secara detail. Adapun lingkup model pengembangan pembelajaran adalah lingkup makro, bagaimana sebuah metode pembelajaran, dipilih melalui serangkaian proses analisis, dirancang, dikembangkan, diproduksi, diaplikasikan, dievaluasi dan diinstalasikan sebagai rangkaian proses pengembangan pembelajaran. Berkembangnya beragam model-model pembelajaran menunjukkan semakin berkembangnya konsepsi teknologi pembelajaran yang seiring dengan berkembangnya teori belajar dan pembelajaran.

4 Hal ini berarti teori serta praktik dalam teknologi pembelajaran, mengandung pengertian terus-menerus dibangun dan diperbaiki melalui kegiatan penelitian dan praktek reflektif, dimana istilah tersebut juga tercakup sebagai makna dari studi, yaitu studi yang mengacu pada kegiatan pengumpulan informasi dan analisis melampaui konsep tradisional penelitian. Hal tersebut mencakup penelitian ~ iv ~ kuantitatif dan kualitatif serta bentuk-bentuk lain dari disiplin metode penelitian lainnya.

5 Tegasnya, kegiatan penelitian memiliki kebiasaan yang baik dalam memunculkan ide-ide baru dan proses evaluatif untuk membantu meningkatkan kualitas praktik. Kegiatan Penelitian dapat dilakukan berdasarkan berbagai konstruksi metodologis yang sama baiknya dengan konstruksi teoretis. Keberadaan model-model pembelajaran menunjukkan bahwa bidang teknologi pembelajaran telah berkembang dari penelitian yang mencoba untuk "membuktikan" bahwa media dan teknologi adalah alat yang efektif untuk pengajaran, menuju ke formulasi penelitian guna memeriksa dan menguji pendekatan aplikasi proses dan teknologi dalam rangka meningkatkan pembelajaran.

6 Pengembangan suatu model pembelajaran merupakan salah satu contoh terobosan baru dalam menciptakan formulasi penelitian dibidang teknologi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran ke arah yang lebih baik. Pengembangan model pembelajaran dalam bidang teknologi pembelajaran telah dipengaruhi oleh perkembangan dan perubahan dalam teori belajar, pengelolaan informasi, komunikasi dan dan bidang lainnya. Perkembangan teori behaviorisme, kognitivisme dan konstruktivisme telah mengubah penekanan dalam bidang belajar mengajar.

7 Perhatian terhadap perspektif peserta didik, karakteristik dan kepemilikan proses pembelajaran telah tumbuh dan berkembang dengan terciptanya model-model pembelajaran yang baru dan inovatif. Pergeseran teoritis tersebut telah mengubah orientasi lapangan secara dramatis dari bidang desain yang didorong oleh pengajaran yang didominasi peran pembelajar, kini berkembang kearah berbagai format yang berusaha untuk menciptakan lingkungan belajar dimana pebelajar dapat mengeksplorasi sendiri pemahamannya. Penekanan penelitian dibidang teknologi pembelajaran kini telah bergeser dari desain pembelajaran dalam perspektif rutinitas menuju ke lingkungan desain pembelajaran yang mampu memfasilitasi belajar.

8 ~ v ~ Mengingat adanya pergeseran paradigma baru dalam teori-teori pembelajaran dimana telah datang pengakuan yang lebih besar tentang peran pebelajar dalam kepemilikan dan tanggung jawabnya terhadap kegiatan belajarnya, maka diperlukan pengembangan suatu model pembelajaran yang mampu membangun kebermaknaan dalam belajar dengan difasilitasi adanya berbagai macam teknologi yang semakin berkembang pesat. Semoga dengan hadirnya buku inovasi Model Pembelajaran yang telah terintegrasi dengan Kurikulum 2013 yang ditulis oleh Eni Fariyatul F.

9 Dan Nurdyansyah, ini, dapat menginspirasi para praktisi dan ahli pendidikan yang lain untuk senantiasa tidak berhenti menggali dan menggali secara mendalam teori-teori belajar dan pembelajaran, sehingga teori belajar dan praktek pembelajaran selalu berkembang sesuai jamannya. Wassalamu alaikum Praktisi pendidikan , Dr. Adi Bandono, ~ vi ~ Dr. Bachtiar Bachri, PRAKATA PENGANTAR Assalamu alaikum Puji Syukur selalu kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas semua nikmat dan karunianaya.

10 Saya sangat bahagia dengan diterbitkanya buku ini. Karena buku ini tentu akan memberikan warna baru dalam keilmuan khususnya dalam bidang pengembangan pembelajaran. Pengupasan materi model-model pembelajaran yang mendalam disertai dengan konteks kurikulum 2013 menjadikan buku ini memiliki fokus pengembangan yang sangat spesifik. Buku ini menjabarkan berbagai model pembelajaran konstruktif sehingga para pembaca akan mudah untuk memahami konten yang dimaksud oleh penulis. Pada bab I mengambarkan bagaimana konsep pembelajaran dalam kurikulum 2013 yang seharusnya.


Related search queries