Example: quiz answers

KURIKULUM DAN BAHAN AJAR PAUD - IAIN Jember

KURIKULUM dan BAHAN Ajar PAUD i KURIKULUM DAN BAHAN AJAR PAUD (Untuk Guru PAUD, Dosen, Mahasiswa, dan Para Praktisi Pendidikan) SUPERIOR Pusat Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial Imron Fauzi SrikantonoSrikantono & Imron Fauzi ii SUPERIOR Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial Jln. Lumba-lumba RT. 01 RW. 02 Kaliwates Jember tlp. 085236996905 Email : KURIKULUM DAN BAHAN AJAR PAUD (Untuk Guru PAUD, Dosen, Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan) Cetakan Ke-1, Oktober 2013 viii +315 hlm, x 21 cm ISBN. 978-602-14398-1-4 Penulis Imron Fauzi Srikantono Editor Farhanudin Sholeh Desain Cover & Layout SDC Creative Diterbitkan oleh : KURIKULUM dan BAHAN Ajar PAUD iii KATA PENGANTAR Alhamdulillah, segenap puji hanya milik Allah SWT semata.

C. Aspek-Aspek Perkembangan Anak Usia Dini ~ 71 D. Karakteristik Pembelajaran PAUD ~ 78 E. Orientasi Pembelajaran PAUD ~ 81 F. Komponen-Komponen Pembelajaran PAUD ~ 82 ... DAN MODEL PEMBELAJARAN PAUD ~ 87 A. Pendekatan Pembelajaran PAUD ~ 87 B. Model Pembelajaran PAUD ~ 92 BAB VIII MEDIA PEMBELAJARAN PAUD ~ 99 A. Pengertian …

Tags:

  Media, Pembelajaran, Kana, Dini, Iusa, Media pembelajaran, Anak usia dini

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of KURIKULUM DAN BAHAN AJAR PAUD - IAIN Jember

1 KURIKULUM dan BAHAN Ajar PAUD i KURIKULUM DAN BAHAN AJAR PAUD (Untuk Guru PAUD, Dosen, Mahasiswa, dan Para Praktisi Pendidikan) SUPERIOR Pusat Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial Imron Fauzi SrikantonoSrikantono & Imron Fauzi ii SUPERIOR Studi Pemberdayaan Rakyat dan Transformasi Sosial Jln. Lumba-lumba RT. 01 RW. 02 Kaliwates Jember tlp. 085236996905 Email : KURIKULUM DAN BAHAN AJAR PAUD (Untuk Guru PAUD, Dosen, Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan) Cetakan Ke-1, Oktober 2013 viii +315 hlm, x 21 cm ISBN. 978-602-14398-1-4 Penulis Imron Fauzi Srikantono Editor Farhanudin Sholeh Desain Cover & Layout SDC Creative Diterbitkan oleh : KURIKULUM dan BAHAN Ajar PAUD iii KATA PENGANTAR Alhamdulillah, segenap puji hanya milik Allah SWT semata.

2 Tempat kami memuji, memohon pertolongan, dan memohon ampun. Dan kami berlindung dari kejahatan diri kami dan kesalahan amal-amal kami. Barang siapa yang ditunjuki oleh-Nya maka tidak ada yang dapat menyesatkannya. Dan barang siapa yang disesatkan-Nya maka tidak ada yang dapat menunjukinya. Shalawat dan salam semoga selalu tercurah limpahkan kepada guru dan panutan kita. Dan semoga, shalawat dan salam juga terlimpahkan kepada orang-orang yang berjalan di atas manhajnya dan mengikuti peringatannya. Buku yang berjudul: KURIKULUM dan BAHAN Ajar PAUD ini mengkaji berbagai aspek teoritis dan praktis baik yang berkaitan dengan KURIKULUM dan BAHAN ajar yang berfungsi membekali dengan wawasan dan pemahaman bagi para guru PAUD, mahasiswa calon guru PAUD, dan para praktisi pendidikan.

3 Di dalam buku ini, secara umum dibagi menjadi 11 (sebelas) Bab. Berikut ini adalah sistematika pembahasan dalam buku ini: 1. Pada Bab I berisi tentang Hakikat KURIKULUM 2. Pada Bab II berisi tentang Landasan dan Prinsip Pengembangan KURIKULUM PAUD 3. Pada Bab III berisi tentang Komponen Pengembangan KURIKULUM PAUD 4. Pada Bab IV berisi tentang Evaluasi KURIKULUM PAUD Srikantono & Imron Fauzi iv 5. Pada Bab V berisi tentang Penyusunan KURIKULUM PAUD 2013 6. Pada Bab VI berisi tentang Hakikat pembelajaran PAUD 7. Pada Bab VII berisi tentang Pendekatan dan Model pembelajaran PAUD 8. Pada Bab VIII berisi tentang media pembelajaran PAUD 9.

4 Pada Bab IX berisi tentang Materi Kegiatan pembelajaran PAUD 10. Pada Bab X berisi tentang Metode dan Strategi pembelajaran PAUD 11. Pada Bab XI berisi tentang Penilaian Kegiatan pembelajaran PAUD 12. Pada Bab XII berisi tentang Problematika pembelajaran PAUD Apa yang tertuang dan terkandung dalam buku ini tidak akan lepas dari kelemahan dan kekurangan, karena itu penulis sangat mengharapkan kritik dan saran konstruktif dari para pembaca yang budiman. Jember , 10 Oktober 2013 Penulis KURIKULUM dan BAHAN Ajar PAUD v DAFTAR ISI KATA PENGANTAR ~ ii DAFTAR ISI ~ iii BAB I HAKIKAT KURIKULUM ~ 1 A.

5 Pengertian KURIKULUM ~ 1 B. Fungsi KURIKULUM PAUD ~ 3 C. Peranan KURIKULUM PAUD ~ 8 D. Macam-Macam KURIKULUM PAUD ~ 10 BAB II LANDASAN DAN PRINSIP PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD ~ 13 A. Landasan Pengembangan KURIKULUM PAUD ~ 13 B. Prinsip Pengembangan KURIKULUM PAUD ~ 18 BAB III KOMPONEN PENGEMBANGAN KURIKULUM PAUD ~ 25 A. Komponen Tujuan ~ 25 B. Komponen Isi/Materi pembelajaran ~ 28 C. Komponen Metode/Strategi ~ 28 D. Komponen Evaluasi ~ 29 BAB IV EVALUASI KURIKULUM PAUD ~ 31 A. Pengertian Evaluasi KURIKULUM ~ 31 B. Tujuan Evaluasi KURIKULUM ~ 33 C. Model-model Evaluasi KURIKULUM ~ 35 Srikantono & Imron Fauzi vi BAB V PENYUSUNAN KURIKULUM PAUD 2013 ~ 39 A.

6 Hakikat KURIKULUM PAUD 2013 ~ 39 B. Penyusunan KURIKULUM PAUD 2013 ~ 42 BAB VI HAKIKAT pembelajaran PAUD ~ 65 A. Pengertian pembelajaran PAUD ~ 65 B. Prinsip-Prinsip Perkembangan anak usia dini ~ 69 C. Aspek-Aspek Perkembangan anak usia dini ~ 71 D. Karakteristik pembelajaran PAUD ~ 78 E. Orientasi pembelajaran PAUD ~ 81 F. Komponen-Komponen pembelajaran PAUD ~ 82 BAB VII PENDEKATAN DAN MODEL pembelajaran PAUD ~ 87 A. Pendekatan pembelajaran PAUD ~ 87 B. Model pembelajaran PAUD ~ 92 BAB VIII media pembelajaran PAUD ~ 99 A. Pengertian media pembelajaran ~ 99 B. Fungsi media pembelajaran ~ 103 C. Prinsip-Prinsip Penggunaan media pembelajaran ~ 105 D.

7 Manfaat media pembelajaran ~ 106 E. Klasifikasi dan Karakteristik media pembelajaran ~ 112 F. Contoh Rancangan Pembuatan media pembelajaran PAUD ~ 117 BAB IX MATERI KEGIATAN pembelajaran PAUD ~ 119 A. Pengertian Materi pembelajaran ~ 119 B. Tema dan Sub Tema PAUD ~ 123 C. Indikator Materi PAUD ~ 126 KURIKULUM dan BAHAN Ajar PAUD vii BAB X METODE DAN STRATEGI pembelajaran PAUD ~ 245 A. Kriteria Metode dan Strategi pembelajaran PAUD ~ 245 B. Jenis-Jenis Strategi pembelajaran PAUD ~ 251 BAB XI PENILAIAN KEGIATAN pembelajaran PAUD ~ 267 A. Hakikat Penilaian pembelajaran PAUD ~ 267 B. Prinsip Penilaian pembelajaran PAUD ~ 270 C. Teknik Penilaian pembelajaran PAUD ~ 271 D.

8 Prosedur Penilaian pembelajaran PAUD ~ 273 E. Pelaporan Hasil Penilaian ~ 280 BAB XII PROBLEMATIKA pembelajaran PAUD ~ 285 A. Kesalahan Guru dalam pembelajaran PAUD ~ 285 B. Faktor Penyebab Kesalahan Guru dalam pembelajaran PAUD ~ 296 C. Tips-Tips Menjadi Guru yang Disukai Anak Didik ~ 298 DAFTAR PUSTAKA ~ 309 BIODATA PENULIS ~ 313 Srikantono & Imron Fauzi viii KURIKULUM dan BAHAN Ajar PAUD 1 BAB I HAKIKAT KURIKULUM A. PENGERTIAN KURIKULUM Istilah KURIKULUM (curriculum) berasal dari kata curir (pelari) dan curere (tempat berpacu), dan pada awalnya digunakan dalam dunia olahraga. Pada saat itu KURIKULUM diartikan sebagai jarak yang harus tempuh oleh seorang pelari mulai dari start sampai finish untuk memperoleh medali/penghargaan.

9 Kemudian, pengerti-an tersebut diterapkan dalam dunia pendidikan menjadi sejumlah mata pelajaran (subject) yang harus ditempuh oleh seorang siswa dari awal sampai akhir program pelajaran untuk memperoleh penghargaan dalam bentuk ijazah. Berdasarkan pengertian diatas, dalam KURIKULUM terkandung dua hal pokok, yaitu: (1) adanya mata pelajaran yang harus ditempuh oleh siswa, dan (2) tujuan utamanya yaitu untuk memperoleh ijazah. Dengan demikian, implikasinya terhadap praktik pengajaran, yaitu setiap siswa harus menguasai seluruh mata pelajaran yang diberikan dan menempatkan guru dalam posisi yang sangat penting dan menentukan.

10 Keberhasilan siswa ditentukan oleh seberapa jauh mata Srikantono & Imron Fauzi 2 pelajaran tersebut dikuasainya dan biasanya disimbolkan dengan skor yang diperoleh setelah mengikuti suatu tes atau ujian. Nana Syaodih Sukmadinata (2005) mengemukakan pengertian KURIKULUM ditinjau dari tiga dimensi, yaitu sebagai ilmu, sebagai system dan sebagai rencana. KURIKULUM sebagai ilmu dikaji konsep, asumsi, teori-teori dan kedudukan KURIKULUM dalam hubungannya dengan system-sistem lain, komponen-komponen KURIKULUM , KURIKULUM dalam berbagai jalur, jenjang jenis pendidikan, manajemen KURIKULUM , dan sebagainya.


Related search queries