Example: air traffic controller

MATA KULIAH : PEREKONOMIAN INDONESIA - STMIK GICI

MODUL KULIAH AKADEMI AKUNTANSI PERMATA HARAPAN BATAM PEREKONOMIAN INDONESIA 1 KATA PENGANTAR 1. SIFAT, BOBOT, PRASYARAT MATA KULIAH Sifat Mata KULIAH PEREKONOMIAN INDONESIA adalah mata KULIAH wajib untuk Jurusan Pembangunan dan Jurusan Manajemenn, Mata KULIAH ini termasuk kelompok mata KULIAH Keilmuan dan Ketrampilan (MKK). Bobot Mata KULIAH PEREKONOMIAN INDONESIA sebesar 3 SKS (Satuan Kredit Semester). Sistem Kredit adalah suatu cara penyelenggaraan program pendidikan tinggi yang menggunakan Satuan Kredit Semester (SKS) sebagai cara menyatakann beban studi mahasiswa, beban tugas tenaga pengajar, dan beban penyelenggaraan program.

Faktor-faktor dominan yang mempengaruhi ekonomi Indonesia dan masalah- ... munculnya rawan kemiskinan. 5. Faktor sosial, budaya dan politik ... tingkat disiplinnya rendah, kurang menghargai waktu (jam karet). Lawannya “budaya” barat, budaya achievement orientation dengan ciri-ciri sebaliknya. ...

Tags:

  Yang, Faktor, Tingkat, Mempengaruhi, Kemiskinan, Yang mempengaruhi

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of MATA KULIAH : PEREKONOMIAN INDONESIA - STMIK GICI

1 MODUL KULIAH AKADEMI AKUNTANSI PERMATA HARAPAN BATAM PEREKONOMIAN INDONESIA 1 KATA PENGANTAR 1. SIFAT, BOBOT, PRASYARAT MATA KULIAH Sifat Mata KULIAH PEREKONOMIAN INDONESIA adalah mata KULIAH wajib untuk Jurusan Pembangunan dan Jurusan Manajemenn, Mata KULIAH ini termasuk kelompok mata KULIAH Keilmuan dan Ketrampilan (MKK). Bobot Mata KULIAH PEREKONOMIAN INDONESIA sebesar 3 SKS (Satuan Kredit Semester). Sistem Kredit adalah suatu cara penyelenggaraan program pendidikan tinggi yang menggunakan Satuan Kredit Semester (SKS) sebagai cara menyatakann beban studi mahasiswa, beban tugas tenaga pengajar, dan beban penyelenggaraan program.

2 1 (satu) SKS adalah usaha atau beban studi 3 jam (150 menit) per minggu untuk satu semester yang terdiri dari : a. 1 Jam (50 menit) tatap muka yang terjadwal dengan staf pengajar b. 1 jam (50 menit) kegiatan akademik terstruktur, yaitu kegiatan studi yang tidak terjadwal tetapi direncanakan oleh staf pengajar c. 1 jam (50 menit) kegiatan akademik mandiri jadi apabila saudara ingin lulus dengan nilai yang memuaskan untuk mata KULIAH yang berbobot 3 SKS, maka saudara harus konsisten, yaitu setiap minggu (selama satu semester) a.

3 Mengikuti kulah dengan baik selama 150 menit = 2,5 jam b. Mengerjakan tugas yang diberikan dosen (misalnya PR, menulis makalah, paper, kegiatan lab.) selama 150 menit = 2,5 jam c. Membaca catatan KULIAH , buku wajib, artikel atau mencari adat-adata yang berkaitan dengan mata KULIAH selama 150 menit = 2,5 jam. (SK. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ri No. 0211/U/82 tanggal 26 Juni 1982 sebagai pengganti SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 0124/U/79 tanggal 8 Juni 1979). Prasyarat Mata KULIAH PEREKONOMIAN INDONESIA harus telah lulus Mata KULIAH teori Ekonomi Makro I.

4 Namun pembahasan materi PEREKONOMIAN menyangkut banyak aspek yang berkaitan dengan mata KULIAH lain, selain mata KULIAH Teori Ekonomi Makro, seperti Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Internasional, Ekonomi Moneter dan Perbankan, Keuangan Negara dan lain-lain. Karena itu perlu dipahami atau dipelajari kembali teori atau konsep-konsep yang berkaitan dengan pembahasan ke 10 topik Mata KULIAH PEREKONOMIAN INDONESIA . Beberapa konsep yang perlu dipahami atau dipelajari kembali antara lain konsep-konsep: Pertumbuhan Ekonomi, Produk Domestik Bruto, Pendapatan Nasional, Pendapatan Per Kapita, Sistem Konomi, Incremental Capital Output Ratio (ICOR), Dualisme Teknologis, Fungsi APBN, Struktur APBN, Defisit APBN, Struktur Neraca Pembayaran, Transaksi Berjalan, Defisit Negara Pembayaran, MODUL KULIAH AKADEMI AKUNTANSI PERMATA HARAPAN BATAM PEREKONOMIAN INDONESIA 2 Cadangan Devisa, Sistem Kurs Valuta Asing, Devaluasi, Jumlah Uang Beredar (JUB), Infrlasi, Fungsi Perbankan, Capital Adequacy Ratio (CAR)

5 , Loan To Deposit Ratio (LDR), Giro Wajib Minimum (GWM) tingkat Kesehatan Bank, Pasar Modal, Garis kemiskinan , kemiskinan Absolut, kemiskinan Relatif/ Kesenjangan, Ekonomi Kerakyatan, Globaliasi Ekonomi, Ethnocentric Approach, Geocentric Apporach, Regeocentric Approach, Teori Konspirasi, Teori Contagion, Teori Business Cyccle (Konjungtur). 2. TUJUAN MATA KULIAH Tujuan Mata KULIAH PEREKONOMIAN INDONESIA adalah untuk memperkenalkan mahasiswa pada pengetahuan tentang tahap-tahap dan permasalahan-permasalahan pembangunan ekonomi di INDONESIA .

6 Pembahasan dimulai dengan beberapa proses yang menyertaai pembangunan ekonomi: proses akumulasi, alokasi, demografi dan distribusi. Kemudian dilanjutkan dengan strategi,peran serta kebijakan-kebijakan dalam dan luar negeri pemerintah. Dari rumusan tujuan tersebut di atas, setiap mahasiswa setelah mempelajari Mata KULIAH PEREKONOMIAN INDONESIA diharapkan dapat memahami dan menjelaskann : 1. faktor - faktor dominan yang mempengaruhi ekonomi INDONESIA dan masalah-masalah ekonomi yang dihpadai sepanjang sejarah kemerdekaan INDONESIA .

7 2. Sistem ekonomi yang dianut INDONESIA dan membandingkan sistem-sistem ekonomi yang dianut dunia. 3. Pelaku-pelaku ekonomi di INDONESIA dan peran masing-masing dalam PEREKONOMIAN 4. Perubahan-perubahan struktural yan dialami ekonomi INDONESIA setelah INDONESIA melaksanakan pembangunan ekonomi. 5. Kebijakan pemerintah pada APBN yang berjalan dan pengaruh APBN pada PEREKONOMIAN INDONESIA . 6. Posisi hubungan ekonomi luar negeri dan saldo transaksi berjalan serta perubahan cadangan devisa. 7. faktor - faktor yang mempengaruhi laju inflasi, jumlah uang beredar (JUB) serta kebijakan pemerintah di bidang moneter dan perbankan.

8 8. Kondisi kesejahteraan dan kemiskinan rakyat INDONESIA serta kebijakan pemerintah untuk memberdayakan masyarakat. 9. Posisi dan persiapan INDONESIA dalam menghadapi era globalisasi ekonomi serta langkah strategis apa yang dilakukan. 10. Apa yang terjadi setelah INDONESIA dilanda krisis ekonomi tahun 1997/ 1998 dan program pemulihan ekonomi yang dilakukan pemerintah. 3. PEMBAHASAN MATERI PEREKONOMIAN INDONESIA Kerangka pembahasan PEREKONOMIAN INDONESIA dilihat dalam lingkup politik ekonoi. Politik ekonomii merupakan bagian dari politik nasional, yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

9 Sedangkan tujuan politik ekonomi yang MODUL KULIAH AKADEMI AKUNTANSI PERMATA HARAPAN BATAM PEREKONOMIAN INDONESIA 3 dilakukan pemerintah adalah mengarahkan bagaimana tujuan meningkatkan kesejahteraan masyarkat itu bisa dicacpai (Suroso, 1994). Oleh karena itu pembahasan PEREKONOMIAN INDONESIA di sini ditekankan pada : 1. Mengidentifikasi masalah-masalah ekonomi yang dihadapi INDONESIA sebagai negara kepulauan terbesar yang sedang membangun. 2. Menganalisis masalah-masalah tersebut : latar belakangnya, faktor - faktor penyebabnya dan dampak serta pengaruhnya.

10 3. kebijakan-kebijakan apa yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi masalah-masalah tersebut dan mengevaluasi efek hasilnya. 4. Kebijakan-kebijakan pemerintah yang dibahas terutama yang berkaitan dengan kebijakan fiskal dalam APBN, kebijakan perdagangan dan pembayaran dalam NERACA PEMBAYARAN, kebijakan stabilisasi harga (inflasi), nilai tukar (kurs) rupiah, suku bunga, kredit bank dalam MONETER dan PERBANKAN serta kebijakan penurunan kemiskinan dalam PENGENTASAN kemiskinan dan PEMBERDAYAAN MASYARAKAT. Sesuai dengan rumusan tujuan dan materi pembahasan di atas, maka topik-topik yang dibahas : 1.


Related search queries