Example: biology

PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN BATIK BERBASIS …

PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN BATIK BERBASISANDROID(Studi Kasus di BATIK Puspa Kencana, Laweyan, Solo)Disusun oleh :Fachrul Barry SholihPROGRAM STUDI INFORMATIKAFAKULTAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKAUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA2014 APLIKASI PENJUALAN BATIK BERBASIS ANDROID(Studi Kasus di BATIK Puspa Kencana, Laweyan, Solo)Fachrul Barry Sholih, Bana HandagaTeknik Informatika,Fakultas Komunikasi dan InformatikaUniversitas Muhammadiyah SurakartaE-mail : teknologi yang kian lama semakin meningkat mendorong sifat manusiauntuk memanfaatkan dan menggunakan teknologi dengan sebaik-baiknya.

PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN BATIK BERBASIS ANDROID (S tudi Kasus di Batik Puspa Kencana, Laweyan, Solo) Disusun oleh : Fachrul Barry Sholih PROGRAM STUDI INFORMATIKA FAKULTAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA 2014. APLIKASI PENJUALAN BATIK BERBASIS ANDROID …

Tags:

  Perancangan

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN BATIK BERBASIS …

1 PERANCANGAN APLIKASI PENJUALAN BATIK BERBASISANDROID(Studi Kasus di BATIK Puspa Kencana, Laweyan, Solo)Disusun oleh :Fachrul Barry SholihPROGRAM STUDI INFORMATIKAFAKULTAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKAUNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA2014 APLIKASI PENJUALAN BATIK BERBASIS ANDROID(Studi Kasus di BATIK Puspa Kencana, Laweyan, Solo)Fachrul Barry Sholih, Bana HandagaTeknik Informatika,Fakultas Komunikasi dan InformatikaUniversitas Muhammadiyah SurakartaE-mail : teknologi yang kian lama semakin meningkat mendorong sifat manusiauntuk memanfaatkan dan menggunakan teknologi dengan sebaik-baiknya.

2 Munculnya berbagaijenis perangkat elektronik dan APLIKASI - APLIKASI yang semakin berkembang serta berkembangnyainternet yang sekarang dapat di nikmati hampir bisa di mana saja. Selain itu munculnya sistemoperasi mobile yang bernama Android yang memiliki performa dan kinerja yang layak dengansebutan smartphone bagi ponsel yang menggunakan sistem operasi tersebut. Denganperkembangan jaman yang semakin pesat dapat dimanfaatkan untuk media periklanan dan mediainformasi untuk mengenalkan dan membuat jaringan yang lebih luas bagi BATIK Puspa hal inisayaberinisiatif untuk membuatsebuahAplikasi PENJUALAN BATIK BERBASIS Android(Studi Kasus di BATIK Puspa Kencana Laweyan, Solo)

3 Yang di harapkan dapat membantu dalampengenalan, media jual-beli, serta dapat membuka jaringan yang lebih luas bagi BATIK ini berisi informasi-informasi tentang BATIK Puspa Kencana, produk-produk yangterdapat di sana, serta terdapat media jual-beli secara online yang dapat digunakan pengguna untukmemesan produk-produk BATIK di BATIK Puspa yang digunakan dalam pembuatan APLIKASI ini adalah dengan menggunakan metodeSDLC (System Development Life Cycle)Waterfall. Kemudian PERANCANGAN dilakukan denganproses UML (Unfied Modelling Language) dengan use case diagram, flowchart kemudian diterapkan kedalam APLIKASI menggunakan Eclipse serta ADT (Android Development Tool) untukpembuatan APLIKASI BERBASIS yang diperoleh berdasarkan kuisioner yang dilakukan kepada 11responden yangterdiri dari 3 penjual dan 8 pembeli terhadap APLIKASI didapatkan Presentase Interpretasi sebesar92% dari responden penjual dan 87% dari responden pembeli.

4 Dengan demikian dapat diambilrata-rata dari kedua presentase interpretasi keduanyayaitu 89,5% bahwa APLIKASI yang telah dibuatdapat bermanfaat untuk membantu sistem PENJUALAN di BATIK Puspa kunci :android, PENJUALAN , BATIK , teknologi Puspa Kencana merupakansebuah usaha yang bergerak dibidangproduksi dan perdagangan BATIK yang sudahmendistribusikan produknya secara lokal daninternasional. BATIK Puspa Kencana sudahmemulai bisnisnya sejak tahun 70-an hinggasekarang. Banyak produk yang sudah diproduksi seperti BATIK tulis, BATIK cap, batiktolet, BATIK smok, BATIK kombinasi dan bahkanbatik BATIK di Indonesiasangat diminati oleh pasar lokal maupuninterlokal.

5 Untuk itu dalam pemasaran danpengiklanan produk harus bisa lebih efektifdan dapat mencakup ke jaringan yang lebihluas. Dalam hal ini di dalam BATIK PuspaKencana mengalami permasalahan dalam halpromosi hal ini promosi produk batikmasih kurang dimana BATIK puspa kecanahanya melakukan promosi melalui mediacetak dan website. Tentu hal itu sudah sangatbiasa dalam mempromosikan sebuah permasalahan di atas dansemakin berkembangnya teknologi secarapesat, maka diperlukan suatu media yangdapat memandu dan memberikan informasidengan cepat.

6 Android adalah sistem operasimobileyang akhir-akhir ini menjadi populerdi kalangansmartphone. Android adalahsistem operasi berbasisopen sourcesehinggapengguna bisa membuat APLIKASI baru hal ini penulis inginmencoba membuat sebuah perancanganAplikasi PENJUALAN BATIK yang nantinyadapat memberikan informasi kepadamasyarakat khususnya pembeli/konsumendari BATIK Puspa Kencana tentang informasidari produk BATIK di BATIK Puspa Kencanamelalui sebuah hal tersebut, makapenulis mengangkat permasalahan ini denganjudul PERANCANGAN APLIKASIPENJUALAN BATIK BERBASISANDROID (Studi Kasus di BATIK PUSPAKENCANA, Laweyan, Solo) TINJAUAN PUSTAKAT elaah penelitian digunakan olehpenulis sebagai bahan perbandingan antarapenelitian yang terdahulu dengan penelitianyang nantinya akan dirancang.

7 Berikutbeberapa telaah penelitian yang dilakukanoleh peneliti :Penelitian yang berhubungan denganaplikasi sistem penjualansudah dilakukanoleh beberapa peneliti, misalnyapenelitianyang dilakukan olehDian Arini Savitri(2013), dalam penelitiannya yang berjudul Implementasi DataWarehouseSistemPenjualan BATIK Di Kampung BatikLaweyan(Studi Kasus BATIK Mahkota Laweyan) dalampenelitiannya penulis akanmembuatsebuah sistem informasi PENJUALAN batikberbasis java desktop menggunakanNetBeans sertaMysql sebagai database menerapkan data warehouse padadatabase yang akan Nur Nasyifah(2010)

8 Dalampenelitiannya yang berjudul SistemInformasiPenjualanPada Toko BATIK TerangBulanYogyakarta mengatakan bahwapenerapan sistem informasi akuntansiberbasis komputer, merupakan salah satualternative jawaban yang tepat jika managermenginginkan suatu sumber informasi yangdapat menghasilkan masukan sesuai yangdiinginkannya. Informasi merupakankebutuhan dasar yang diperlukan oleh setiapmanajer untuk melakukan pengambilankeputusan, sedangkan sistem informasibertujuan untuk memasoksegala kebutuhaninformasi bagi yang (2013) dalamskripsinya yangberjudul PerancanganSistem Informasi Pemasaran BerbasisWebsite E-Commerce(Studi Kasus.)

9 RumahBatik Estu Mulyo Laweyan, Surakarta) menggunakanmetodepemasaran yang jikakonsumen memesan/membeli sebuah produkmaka akan terdapat notifikasi di dalam ini menggunakan metodeSDLC (System Development Life Cycle)Waterfall. Model ini melakukan pendekatansecara sistematis dan urut mulai dari levelkebutuhan sitem lalu menuju ketahapanalisis, desain, coding, testing, danmaintenance. Disebut waterfall karena tahapdemi tahap yang dilalui harus menungguselesainya tahap sebelumnya dan berjalanberurutan, sebagai contoh tahap coding harusmenunggu tahap desain juga tahapan-tahapan dalampenelitian ini.

10 Berikut tahapan padapenelitian ini yang sudah digambarkan dalamflowchart:Gambar 1 Metode SDLCW aterfallHASILP embuatan APLIKASI PENJUALAN BatikBerbasis Android ini dimulai darimenganalisis kebutuhan sistem. Kemudiandilanjutkan dengan merancang adalahimplementasi interface yang sudah di rancangke dalam bentuk sistem yang dapat dibacaoleh sistem (coding). Setelah itu dilakukanpengujian terhadap APLIKASI untukmengetahui apakah APLIKASI terdapatkesalahan atau error. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah sebagaiberikut PENJUALAN BATIK BerbasisAndroid (Studi kasus di BATIK PuspaKencana Laweyan, Solo)


Related search queries