Example: quiz answers

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM - IAIN Palangka Raya

SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (Masa Rasulullah sampai Masa Kontemporer) Editor: Dr. H. Abdul Helim, Penulis: Iskandar Fauzi, Agustina Weny Prashinta, Aris Wibowo, Berlianto, Efti Raida, Evy Herawati, Arif Yasin, Hengki, Khilmi Zuhroni, M. Hadiannor Rakhman, Muhammad Hasbi, Natra Efina, Sri Dewi Patimah, Sri Endah Martiningsih, Tri Hadi Anis Rofianingsih Penerbit K-Media Yogyakarta, 2019 ii Copyright 2019 by Penerbit K-Media All rights reserved Hak Cipta dilindungi Undang-Undang No 19 Tahun 2002. Dilarang memperbanyak atau memindahkan sebagian atau seluruh isi buku ini dalam bentuk apapun, baik secara elektris maupun mekanis, termasuk memfotocopy, merekam atau dengan sistem penyimpanan lainnya, tanpa izin tertulis dari Penulis dan Penerbit. Isi di luar tanggung jawab percetakan Penerbit K-Media Anggota IKAPI Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

merupakan sejarah yang menjadi jejak bangkitnya perekonomian Islam hingga masa kontemporer yang ditandai dengan munculnya pemikir ekonomi Islam antara lain : Muhammad Nejatullah Assidiqi, Umer Chapra, dan Mozer Khaf dengan hasil karyanya yang masih terus dipergunakan dan dikembangkan sampai dengan saat ini. ...

Tags:

  Sejarah

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM - IAIN Palangka Raya

1 SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (Masa Rasulullah sampai Masa Kontemporer) Editor: Dr. H. Abdul Helim, Penulis: Iskandar Fauzi, Agustina Weny Prashinta, Aris Wibowo, Berlianto, Efti Raida, Evy Herawati, Arif Yasin, Hengki, Khilmi Zuhroni, M. Hadiannor Rakhman, Muhammad Hasbi, Natra Efina, Sri Dewi Patimah, Sri Endah Martiningsih, Tri Hadi Anis Rofianingsih Penerbit K-Media Yogyakarta, 2019 ii Copyright 2019 by Penerbit K-Media All rights reserved Hak Cipta dilindungi Undang-Undang No 19 Tahun 2002. Dilarang memperbanyak atau memindahkan sebagian atau seluruh isi buku ini dalam bentuk apapun, baik secara elektris maupun mekanis, termasuk memfotocopy, merekam atau dengan sistem penyimpanan lainnya, tanpa izin tertulis dari Penulis dan Penerbit. Isi di luar tanggung jawab percetakan Penerbit K-Media Anggota IKAPI Banguntapan, Bantul, Yogyakarta.

2 E-mail: SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (MASA RASULULLAH SAMPAI MASA KONTEMPORER) vi + 234 hlm.; 15,5 x 23 cm ISBN: 978-602-451-404-4 Penulis : Iskandar Fauzi, et al. Editor : Dr. H. Abdul Helim, Tata Letak : Nur Huda A Desain Sampul : Nur Huda A Cetakan : April 2019 iii KATA PENGANTAR Pada masa sekarang ini, PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM semakin berkembang pesat, baik di Indonesia ataupun di negara ISLAM lainnya. Perkembangan perekonomian ini menarik untuk dijadikan rujukan SEJARAH perkembangan EKONOMI yang telah diimplemetasikan dari masa Rasulullah sampai masa kontemporer sehingga muncul pemikir ISLAM disertai dengan karya tulisnya. Menariknya perkembangan PEMIKIRAN ISLAM ini membuat mahasiswa pascasarjana IAIN Palangka Raya Program Studi Magister EKONOMI Syariah bertekad dan sepakat untuk menuliskan tentang SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM dalam sebuah buku SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (Masa Rasulullah sampai Masa Kontemporer).

3 Lebih rinci tentang buku ini membahas tentanng peran Nabi Muhammad SAW sebagai kepala Negara di Madinah sudah menerapkan sistem kebijakan fiskal melalui zakat yang dipergunakan untuk membiayai pengeluaran pemerintah dan mengembangkan EKONOMI melalui perdagangan. Sistem ini terus dikembangkan pada masa Khulafa al Rasyidin dengan melakukan terobosan besar yaitu pada masa Umar Bin Khattab pengelolaan pendapatan negara memalui baitu mal. PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM mengalami kemajuan pesat terutama pada masa Dinasti Abbasiyah yang ditandai dengan munculnya pemikir EKONOMI dan hasil-hasil karyanya. Dalam masa Dinasti Abbasiyah ini terjadi regulasi keuangan negara yang tidak dibuat atau dilakukan oleh khalifah sebagai kepala negara/pemerintah, tetapi dilakukan oleh para ahli hukum (fuqaha). Namun Perkembangan EKONOMI ISLAM sempat mengalami stagnasi pada abad ke 15 M dan kemudian dapat bangkit lagi pada awal abad ke-21 M.

4 Dari uraian tentang perkembangan PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM merupakan SEJARAH yang menjadi jejak bangkitnya perekonomian ISLAM hingga masa kontemporer yang ditandai dengan munculnya pemikir EKONOMI ISLAM antara lain : Muhammad Nejatullah Assidiqi, Umer Chapra, dan Mozer Khaf dengan hasil karyanya yang masih terus dipergunakan dan dikembangkan sampai dengan saat ini. iv Tulisan ini sekaligus untuk memenuhi tugas pembuatan artikel yang dibebankan oleh program studi Magister EKONOMI Syariah dalam upaya melengkapi sks tesis. Dan kepada mahasiswa yang telah berkontribusi dalam menyusun buku ini disampaikan terima kasih. Semoga amal kebaikan dalam menyediakan informasi di bidang SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM dari masa Rosulullah sampai masa Kontemporer ini dapat mendapat balasan yang berlipat ganda dari Allah SWT. Palangka Raya, April 2019 Direktur Pascasarjana Dr.

5 H. Sardimi, v DAFTAR ISI KATA PENGANTAR .. iii DAFTAR ISI .. v SISTEM EKONOMI DAN KEBIJAKAN FISKAL PADA MASA RASULULLAH 1 Oleh: Iskandar Fauzi PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM PADA MASA KHULAFAURRASYIDIN .. 20 Oleh: Agustina Weny Prashinta SISTEM EKONOMI DAN FISKAL PADA MASA BANI UMAYYAH .. 31 Oleh: Aris Wibowo SISTEM DAN PRAKTIK EKONOMI ISLAM PADA MASA DINASTI ABBASIYAH .. 42 Oleh: Berlianto MELACAK PEMIKIRAN EKONOMI AS-SYAIBANI .. 55 Oleh: Efti Raida PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM MENURUT ABU UBAID .. 68 Oleh: Evy Herawati PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM PERSPEKTIF YAHYA BIN UMAR .. 81 Oleh: Arif Yasin KONSEP EKONOMI ISLAM MENURUT AL-MAWARDI .. 98 Oleh: Hengki vi PEMIKIRAN EKONOMI IMAM AL-GHAZALI .. 113 Oleh: Khilmi Zuhroni PEMIKIRAN EKONOMI IBNU TAIMIYAH .. 136 Oleh: M. Hadiannor Rakhman PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM MENURUT IBNU KHALDUN .. 155 Oleh: Muhammad Hasbi EKONOMI SYARIAH DARI PEMIKIRAN TOKOH SEJARAH AL-MAQRIZI.

6 166 Oleh: Natra Efina PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM MUHAMMAD NEJATULLAH ASSIDIQI .. 183 Oleh: Sri Dewi Patimah PEMIKIRAN EKONOMI UMER CHAPRA .. 196 Oleh: Sri Endah Martiningsih SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM MENURUT MONZER KHAF .. 210 Oleh: Tri Hadi Anis Rofianingsih BIODATA PARA PENULIS .. 231 SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (Masa Rasulullah sampai Masa Kontemporer) 1 SISTEM EKONOMI DAN KEBIJAKAN FISKAL PADA MASA RASULULLAH SAW Iskandar Fauzi Mahasiswa Magister EKONOMI Syariah IAIN Palangka Raya Kalimantan Tengah Email : Abstrak Pelaksanaan sistem EKONOMI ISLAM telah ada dan dilaksanakan oleh Rasulullah SAW sebagai seorang Rasul tauladan bagi umat muslim. Lahirnya kebijakan fiskal di dalam dunia ISLAM dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya karena fiskal merupakan bagian dari instrumen EKONOMI publik. Untuk itu faktor-faktor seperti sosial, budaya dan politik inklud di dalamnya.

7 Tantangan Rasulullah sangat besar dimana beliau dihadapkan pada kehidupan yang tidak menentu baik dari kelompok internal maupun kelompok eksternal. Nabi Muhammad SAW menjabat sebagai kepala negara Madinah kemudian merubah sistem EKONOMI dan keuangan negara sesuai dengan ketentuan Al-Qur an. Kebijakan fiskal pada masa awal ISLAM , terlihat bahwa zakat memainkan peranan yang sangat penting untuk mencapai tujuan kebijakan fiskal, yaitu untuk membiayai pengeluaran pemerintah dan untuk melakukan fungsi pengaturan dalam rangka mencapai tujuan EKONOMI tertentu, seperti pertumbuhan EKONOMI dan penciptaan investasi dan lapangan kerja A. Pendahuluan Secara umum, EKONOMI adalah perilaku manusia yang berhubungan dengan bagaimana proses dan cara memperoleh dan mendayagunakan produksi, distribusi, dan konsumsi. EKONOMI berkaitan dengan perilaku manusia yang didasarkan pada landasan serta prinsip-prinsip yang menjadi dasar acuan.

8 Ilmu EKONOMI ISLAM sebagai sebuah studi ilmu pengetahuan modern baru yang muncul pada tahun 1970-an, akan tetapi PEMIKIRAN tentang EKONOMI ISLAM telah muncul sejak ISLAM itu diturunkan melalui Nabi Muhammad SAW. Rujukan atau landasan utama PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM adalah Al Qur an dan hadits. SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (Masa Rasulullah sampai Masa Kontemporer) 2 PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM muncul bersamaan dengan diturunkannya Al Qur an dan masa kehidupan Rasulullah pada akhir abad 6 M hingga awal abad 7 Pelaksanaan sistem EKONOMI ISLAM telah ada dan dilaksanakan oleh Rasulullah SAW sebagai seorang Rasul tauladan bagi umat muslim. Bahkan bangsa Arab telah terkenal sebagai bangsa pedagang sebelum periode Rasulullah Saw. Setelah masa itu banyak sarjana Muslim yang memberikan kontribusi karya PEMIKIRAN EKONOMI . Karya-karya mereka sangat berbobot yang memiliki argumentasi religius dan intelektual yang kuat pula serta didukung oleh fakta-fakta empiris.

9 Istilah EKONOMI syariah dalam wacana PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM kontemporer kerap diidentifikasi dengan sebagai sebutan yang berbeda. Ada yang menyebutnya dengan istilah EKONOMI ISLAM , EKONOMI ilahiyah , atau EKONOMI qur ani . Bahkan ada pula yang menyebutnya EKONOMI rahmatan lil alamin . Perbedaan istilah ini sekaligus menunjukkan bahwa istilah EKONOMI ISLAM bukanlah nama baku dalam terminologi Termasuk kebijakan fiskal yang merupakan kebijakan yang mempengaruhi Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Kebijakan Fiskal dapat diartikan sebagai langkah pemerintah untuk membuat perubahan-perubahan dalam sistem pajak atau dalam pembelanjaan (dalam konsep makro disebut dengan goverment expenditure). Tujuan kebijakan fiskal dalam perekonomian adalah tercapainya kesejahteraan sebagai adanya benefit maksimal bagi individu dalam kehidupan, terutama ditujukan untuk mencapai alokasi sumber daya secara efisien, stabilisasi EKONOMI , pertumbuhan, dan distribusi pendapatan serta kepemilikan.

10 Lahirnya kebijakan fiskal di dalam dunia ISLAM dipengaruhi oleh banyak faktor salah satunya karena fiskal merupakan bagian dari 1 Yadi Janwari, PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM dari masa Rasulullah Hingga Masa Kontemporer, Remaja Rosda karya, Bandung h. 8 2 Boedi Abdullah, Peradaban PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM , Pustaka Setia, Bandung h. 39 SEJARAH PEMIKIRAN EKONOMI ISLAM (Masa Rasulullah sampai Masa Kontemporer) 3 instrumen EKONOMI publik. Untuk itu faktor-faktor seperti sosial, budaya dan politik inklud di dalamnya. Tantangan Rasulullah sangat besar dimana beliau dihadapkan pada kehidupan yang tidak menentu baik dari kelompok internal maupun kelompok eksternal. Kelompok internal yang harus diselesaikan oleh Rasulullah yaitu bagaimana menyatukan antara kaum Anshor dan kaum Muhajirin pasca hijrah dari mekah ke Madinaha (Yastrib).


Related search queries