Example: biology

SMP/MTs KELAS VII - Buku Kurikulum 2013 edisi Revisi 2018

pendidikan Pancasiladan KewarganegaraanBuku GuruSMP/MTsVIIKELASKEMENTERIAN pendidikan DAN KEBUDAYAANREPUBLIK INDONESIA2013 buku Guru KELAS VII SMP/MTsiiHak Cipta 2013 pada Kementerian pendidikan dan KebudayaanDilindungi Undang-UndangMILIK NEGARATIDAK DIPERDAGANGKAND isklaimer: buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. buku ini merupakan dokumen hidup yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku Dalam Terbitan (KDT)Indonesia. Kementerian pendidikan dan pancasila dan kewarganegaraan : buku guru/Kementerian pendidikan dan Jakarta: Kementerian pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan : buku guru/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.-- akaJ a: tr Kemenertan i Pendidikan dan Kebudayaan, 2013. x, 166 hlm. : ilus. ; 25 cm. Untuk SMP/MTs Kelas VII ISBN 978-602-282-071-0 (jilid lengkap) ISBN 978-602-282-072-7 (jilid 1) 1. Pendidikan Kewarganegaraan — Studi dan Pengajaran I. Judul II ...

Tags:

  Lake, Pendidikan, Buku, Kewarganegaraan, Pendidikan dan, Pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, Pancasila, Pendidikan kewarganegaraan, Kelas vii

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of SMP/MTs KELAS VII - Buku Kurikulum 2013 edisi Revisi 2018

1 pendidikan Pancasiladan KewarganegaraanBuku GuruSMP/MTsVIIKELASKEMENTERIAN pendidikan DAN KEBUDAYAANREPUBLIK INDONESIA2013 buku Guru KELAS VII SMP/MTsiiHak Cipta 2013 pada Kementerian pendidikan dan KebudayaanDilindungi Undang-UndangMILIK NEGARATIDAK DIPERDAGANGKAND isklaimer: buku ini merupakan buku guru yang dipersiapkan Pemerintah dalam rangka implementasi Kurikulum 2013. buku guru ini disusun dan ditelaah oleh berbagai pihak di bawah koordinasi Kementerian pendidikan dan Kebudayaan, dan dipergunakan dalam tahap awal penerapan Kurikulum 2013. buku ini merupakan dokumen hidup yang senantiasa diperbaiki, diperbaharui, dan dimutakhirkan sesuai dengan dinamika kebutuhan dan perubahan zaman. Masukan dari berbagai kalangan diharapkan dapat meningkatkan kualitas buku Dalam Terbitan (KDT)Indonesia. Kementerian pendidikan dan pancasila dan kewarganegaraan : buku guru/Kementerian pendidikan dan Jakarta: Kementerian pendidikan dan Kebudayaan, 2013.

2 X, 166 hlm. : ilus. ; 25 cm. Untuk SMP/MTs KELAS VIIISBN 978-602-282-071-0 (jilid lengkap) ISBN 978-602-282-072-7 (jilid 1) 1. pendidikan kewarganegaraan Studi dan Pengajaran I. JudulII. Kementerian pendidikan dan Naskah : Lukman Surya Saputra dan Wahyu Nugroho Penelaah : Rustopo dan Muchson ARPenyelia Penerbitan : Politeknik Negeri Media Kreatif, JakartaCetakan Ke-1, 2013 Disusun dengan huruf Calisto MT, 11 pt pendidikan pancasila dan KewarganegaraaniiiKata PengantarKurikulum 2013 dirancang untuk memperkuat kompetensi siswa dari sisi pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Proses pencapaiannya melalui pembelajaran sejumlah mata pelajaran yang dirangkai sebagai suatu kesatuan yang saling mendukung pencapaian kompetensi tersebut. Apabila pada jenjang SD/MI semua mata pelajaran digabung menjadi satu dan disajikan dalam bentuk tema-tema, pada jenjang SMP/MTs pembelajaran sudah mulai dipisah-pisah menjadi mata pelajaran.

3 pendidikan pancasila dan kewarganegaraan adalah salah satu mata pelajaran yang diajarkan untuk jenjang SMP/MTs , yang dirancang untuk menghasilkan siswa yang memiliki keimanan dan akhlak mulia sebagaimana diarahkan oleh falsafah hidup bangsa Indonesia yaitu pancasila sehingga dapat berperan sebagai warga negara yang efektif dan bertanggung jawab. Pembahasannya secara utuh mencakup empat pilar kebangsaan yang terkait satu sama lain, yaitu pancasila , Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan Bhinneka Tunggal Ika. Pembelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dirancang berbasis aktivitas terkait dengan sejumlah tema kewarganegaraan yang diharapkan dapat mendorong siswa menjadi warga negara yang baik melalui kepeduliannya terhadap permasalahan dan tantangan yang dihadapi masyarakat sekitarnya. Kepedulian tersebut ditunjukkan dalam bentuk partisipasi aktif dalam pengembangan komunitas yang terkait dengan dirinya.

4 Kompetensi yang dihasilkan bukan lagi terbatas pada kajian pengetahuan dan keterampilan penyajian hasil kajiannya dalam bentuk karya tulis, tetapi lebih ditekankan kepada pembentukan sikap dan tindakan nyata yang harus mampu dilakukan oleh tiap siswa. Dengan demikian akan terbentuk sikap yang cinta dan bangga sebagai bangsa ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam berbagai bentuk kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan edisi pertama, buku ini sangat terbuka dan perlu terus dilakukan perbaikan untuk penyempurnaan.

5 Oleh karena itu, kami mengundang para pembaca memberikan kritik, saran dan masukan untuk perbaikan dan penyempurnaan pada edisi berikutnya. Atas kontribusi tersebut, kami mengucapkan terima kasih. Mudah-mudahan kita dapat memberikan yang terbaik bagi kemajuan dunia pendidikan dalam rangka mempersiapkan generasi seratus tahun Indonesia Merdeka (2045).Jakarta, Mei 2013 Menteri pendidikan dan KebudayaanMohammad NuhBuku Guru KELAS VII SMP/MTsivDaftar IsiKata Pengantar .. iiiDaftar Isi .. ivBagian 1. Petunjuk Umum .. viBagian 2. Petunjuk Pembelajaran Per Bab .. xBab I Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa .. 1 Kompetensi Inti (KI) .. 1 Kompetensi Dasar (KD) .. 1 A. Pembelajaran Minggu Pertama (120 menit) .. 2 B. Pembelajaran Minggu Kedua (120 menit) .. 6 C. Pembelajaran Minggu Ketiga (120 menit) .. 10 D. Pembelajaran Minggu Keempat (120 menit) .. 15 Bab II Berkomitmen terhadap pancasila sebagai Dasar Negara.

6 21 Kompetensi Inti (KI) .. 21 Kompetensi Dasar (KD) .. 21 A. Pembelajaran Minggu Pertama (120 menit) .. 22 B. Pembelajaran Minggu Kedua (120 menit) .. 25 C. Pembelajaran Minggu Ketiga (120 menit) .. 30 D. Pembelajaran Minggu Keempat (120 menit) .. 35 Bab III Menumbuhkan Kesadaran Berkonstitusi .. 42 Kompetensi Inti (KI) .. 42 Kompetensi Dasar (KD) .. 42 A. Pembelajaran Minggu Pertama (120 menit) .. 43 B. Pembelajaran Minggu Kedua (120 menit) .. 46 C. Pembelajaran Minggu Ketiga (120 menit) .. 49 D. Pembelajaran Minggu Keempat (120 menit) .. 52 Bab IV Menumbuhkan Kesadaran dan Keterikatan terhadap Norma .. 58 Kompetensi Inti (KI) .. 58 Kompetensi Dasar (KD) .. 58 pendidikan pancasila dan Kewarganegaraanv A. Pembelajaran Minggu Pertama (120 menit) .. 59 B. Pembelajaran Minggu Kedua (120 menit) .. 62 C. Pembelajaran Minggu Ketiga (120 menit) .. 68 D. Pembelajaran Minggu Keempat (120 menit).

7 71 Bab V Memaknai Nilai Kesejarahan Negara Kesatuan Republik Indonesia .. 78 Kompetensi Inti (KI) .. 78 Kompetensi Dasar (KD) .. 78 A. Pembelajaran Minggu Pertama (120 menit) .. 79 B. Pembelajaran Minggu Kedua (120 menit) .. 83 C. Pembelajaran Minggu Ketiga (120 menit) .. 85 D. Pembelajaran Minggu Keempat (120 menit) .. 87 Bab VI Pentingnya Daerah dalam Bingkai NKRI .. 96 Kompetensi Inti (KI) .. 96 Kompetensi Dasar (KD) .. 96 A. Pembelajaran Minggu Pertama (120 menit) .. 97 B. Pembelajaran Minggu Kedua (120 menit) .. 99 C. Pembelajaran Minggu Ketiga (120 menit) .. 101 D. Pembelajaran Minggu Keempat (120 menit) .. 103 Bab VII Memelihara Semangat Persatuan Indonesia .. 108 Kompetensi Inti (KI) .. 108 Kompetensi Dasar (KD) .. 108 A. Pembelajaran Minggu Pertama (120 menit) .. 109 B. Pembelajaran Minggu Kedua (120 menit) .. 111 C. Pembelajaran Minggu Ketiga (120 menit) .. 114 D. Pembelajaran Minggu Keempat (120 menit).

8 116 Bab VIII Bertoleransi dalam Keberagaman .. 123 Kompetensi Inti (KI) .. 123 Kompetensi Dasar (KD) .. 123 A. Pembelajaran Minggu Pertama (120 menit) .. 124 B. Pembelajaran Minggu Kedua (120 menit) .. 128 C. Pembelajaran Minggu Ketiga (120 menit) .. 132 D. Pembelajaran Minggu Keempat (120 menit) .. 138 Bagian 3. Lampiran .. 147 Glosarium .. 159 Daftar Pustaka .. 163 buku Guru KELAS VII SMP/MTsviMata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan untuk KELAS VII SMP/MTs memiliki 4 (empat) Kompetensi Inti (KI) yang dijabarkan dalam 20 Kompetensi Dasar (KD) sebagai berikut. Bagian 1 Petunjuk UmumA. Struktur Kurikulum pendidikan pancasila dan kewarganegaraan Kompetensi IntiKompetensi Dasar1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang Menghargai perilaku beriman, dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia dalam kehidupan di sekolah dan masyarakat2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan Menghargai semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukkan oleh para pendiri negara dalam perumusan dan penetapan pancasila sebagai dasar Menghargai perilaku sesuai norma-norma dalam berinteraksi dengan kelompok sebaya dan masyarakat Menghargai sikap toleran terhadap keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan jenis Menghargai semangat persatuan dan kesatuan dalam memahami daerah tempat tinggalnya sebagai bagian yang utuh dan tak terpisahkan dalam kerangka Negara Kesatuan RepubIik Indonesia (NKRI) 3.

9 Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak Memahami sejarah dan semangat komitmen para pendiri Negara dalam merumuskan dan menetapkan pancasila sebagai dasar negara Memahami sejarah perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 Memahami isi alinea Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun Memahami norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan Memahami pengertian dan makna Bhinneka Tunggal Memahami keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan jenis Memahami karakteristik daerah tempat tinggalnya dalam kerangka NKRIP endidikan pancasila dan Kewarganegaraanvii4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut Menyaji hasil telaah tentang sejarah dan semangat komitmen para pendiri negara dalam merumuskan dan menetapkanPancasila sebagai dasar negara Menyaji hasil telaah tentang sejarah perumusan dan pengesahan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun Menyaji hasil kajian isi Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun Menyaji hasil pengamatan tentang norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat dan Menyaji hasil pengamatan karakteristik daerah tempat tinggalnya sebagai bagian utuh dari Menyaji hasil telaah tentang interaksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya.

10 Dan jenis kelamin Berinteraksi dengan teman dan orang lain berdasarkan prinsip saling menghormati, dan menghargai dalam keberagaman suku, agama, ras, budaya, dan jenis kelamin Ke-4 Kompetensi Inti (KI) dan ke-20 Kompetensi Dasar (KD) tersebut dikembangkan dalam pembelajaran selama satu tahun yang mencakup 36 minggu dengan beban belajar perminggu selama 3 x 40 menit. Untuk memfasilitasi siswa dalam menguasai KD, Kementrian pendidikan dan Kebudayaan menerbitkan buku Siswa mata pelajaran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan untuk KELAS VII SMP/MTs yang berorientasi pada ke-20 KD tersebut dan dikemas dalam 8 (delapan) Bab sebagai I Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha EsaBab II Berkomitmen terhadap pancasila sebagai Dasar NegaraBab III Menumbuhkan Kesadaran BerkonstitusiBab IV Menumbuhkan Kesadaran dan Keterikatan terhadap NormaBab V Memaknai Nilai Kesejarahan Negara Kesatuan Republik IndonesiaBab VI Pentingnya Daerah dalam Bingkai NKRIBab VII Memelihara Semangat Persatuan IndonesiaBab VIII Bertoleransi dalam Guru KELAS VII SMP/MTsviiiB.


Related search queries