Example: stock market

STRATEGI PEMASARAN USAHA ROTI (STUDI KASUS PADA …

STRATEGI PEMASARAN USAHA ROTI ( studi KASUS PADA CV. ROTI DAENG makassar ) RAHMAWATI 10596 01491 13 SKRIPSI Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pertanian Strata Satu (S-1) PROGRAM studi AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH makassar 2017 KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahamat serta hidayah yang tiada henti diberikan kepada hamba-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul STRATEGI PEMASARAN USAHA Roti ( studi KASUS pada CV. Roti Daeng makassar ). Shalawat dan salam senantiasa penulis kirimkan kepada Rasulullah SAW. Skripsi ini disusun diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pertanian pada Universitas Muhammadiyah makassar . Pada penulisan skripsi ini tidak lepas dari bimbingan, bantuan maupun dukungan dari berbagi pihak.

pada CV. Roti Daeng Makassar). Shalawat dan salam senantiasa penulis kirimkan kepada Rasulullah SAW. Skripsi ini disusun diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pertanian pada Universitas Muhammadiyah Makassar. Pada penulisan skripsi ini tidak lepas dari bimbingan, bantuan maupun dukungan dari berbagi pihak.

Tags:

  Trios, Studi, Sauk, Usaha, Strategis, Persamaan, Makassar, Strategi pemasaran usaha roti, Studi kasus

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of STRATEGI PEMASARAN USAHA ROTI (STUDI KASUS PADA …

1 STRATEGI PEMASARAN USAHA ROTI ( studi KASUS PADA CV. ROTI DAENG makassar ) RAHMAWATI 10596 01491 13 SKRIPSI Sebagai Salah Satu Syarat untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pertanian Strata Satu (S-1) PROGRAM studi AGRIBISNIS FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH makassar 2017 KATA PENGANTAR Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT atas rahamat serta hidayah yang tiada henti diberikan kepada hamba-Nya sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi dengan judul STRATEGI PEMASARAN USAHA Roti ( studi KASUS pada CV. Roti Daeng makassar ). Shalawat dan salam senantiasa penulis kirimkan kepada Rasulullah SAW. Skripsi ini disusun diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana pertanian pada Universitas Muhammadiyah makassar . Pada penulisan skripsi ini tidak lepas dari bimbingan, bantuan maupun dukungan dari berbagi pihak.

2 Oleh karena itu, pada kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada: 1. Kedua orangtua ayahanda Halimuddin Syamsir dan ibunda Junaedi serta seluruh keluarga yang telah mendo akan dan memberikan motivasi, saran serta bantuan material sehingga penulis dapat menyelesaikan skripsi ini. 2. Dr. Ir. Rosanna, , selaku pembimbing I dan Asriyanti Syarif, , , selaku pembimbing II yang senantiasa meluangkan waktunya membimbing dan mengarahkan penulis, sehingga skripsi dapat diselesaikan. 3. Dr. Ir Siti Wardah, , selaku penguji I dan Syatir , , selaku penguji II yang telah mengarahkan penulis. 4. Kak Harnia, Kak Hardiana, Kak Ida Mulyati, Kak Akbar, Kak Yusra dan Kak Hamdana yang telah memberikan bantuan material sehingga skripsi ini dapat diselesaikan. 5. Bapak Amruddin, , selaku ketua Progran studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah makassar .

3 6. Bapak/Ibu Dosen pada Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah makassar . 7. Pemerintah Kota makassar beserta jajarannya yang telah mengizinkan penulis untuk melakukan penelitian. 8. CV. Roti Daeng yang telah mengizinkan penulis untuk melakukan penelitian di perusahaannya dan karyawan yang telah meluangkan waktunya. 9. Angkatan VIII LKIM-PENA yang senantiasa memberikan arahan dan semangat. 10. Angkatan 2013 Program studi agribisnis yang selalu memberikan dukungan dan semangat dalam penyelesaian skripsi. 11. Semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan skripsi. Akhir kata penulis ucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang terkait dalam penulisan skripsi ini, semoga karya tulis ini bermanfaat dan dapat memberikan sumbangan bagi pihak yang membutuhkan. makassar , 8 November 2017 Penulis Rahmawati 105960149113 DAFTAR ISI Halaman HALAMAN SAMPUL.

4 I HALAMAN PENGESAHAN .. ii HALAMAN PENGESAHAN KOMISI PENGUJI .. iii HALAMAN iv ABSTRAK .. v KATA PENGANTAR .. vi DAFTAR ISI .. viii DAFTAR TABEL .. x DAFTAR GAMBAR .. xi DAFTAR LAMPIRAN .. xii I. PENDAHULUAN Latar Belakang .. 1 Rumusan Masalah .. 5 Tujuan dan Kegunaan Penelitian .. 5 II. TINJAUAN PUSTAKA STRATEGI .. 6 PEMASARAN .. 11 Produksi .. 17 Roti .. 19 Analisis SWOT .. 21 Kerangka Pemikiran .. 23 III. METODE PENELITIAN Waktu dan Tempat Penelitian .. 25 Metode Penentuan Informan .. 25 Jenis dan Sumber Data .. 26 Teknik Pengumpulan Data .. 26 Teknik Analisis Data .. 27 Definisi Operasional .. 34 IV. GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN Sejarah Perusahaan .. 37 Visi dan Misi Perusahaan .. 38 Struktur Organisasi .. 38 Sumber Daya Peralatan .. 39 Jenis-jenis Roti .. 40 Proses Produksi .. 41 V. HASIL Dan PEMBAHASAN Karakteristik Informan.

5 44 Analisis SWOT .. 50 VI. KESIMPULAN DAN SARAN Kesimpulan .. 64 Saran .. 64 DAFTAR PUSTAKA LAMPIRAN RIWAYAT HIDUP DAFTAR TABEL Nomor Halaman Teks 1. Internal Analysis Factor Summary (IFAS) .. 28 2. Eksternal Analysis Factor Summary (EFAS) .. 29 3. Matriks Internal Eksternal (IE) .. 31 4. Matriks 34 5. Jenis Kelamin Informan Internal Roti Daeng .. 45 6. Usia Informan Internal Roti Daeng .. 45 7. Pengalaman Kerja Informan Internal Roti Daeng .. 46 8 Jenis Kelamin Informan Eksternal Roti Daeng .. 47 9. Usia Informan Eksternal Roti Daeng .. 47 10. Status Pernikahan Informan Eksternal Roti Daeng .. 48 11. Status Pekerjaan Informan Eksternal Roti Daeng .. 48 12. Pendapatan Informan Eksternal Roti Daeng .. 49 13. Latar Belakang Pendidikan Informan Eksternal Roti Daeng .. 49 14. Sumber Informasi Informan Eksternal Roti Daeng .. 50 15. Identifikasi Faktor Internal dan Eksternal.

6 51 16. IFAS (Internal Factor analysis Summary) .. 52 17. EFAS (Eksternal Factor Analysis Summary) .. 57 18. Matriks Internal Eksternal (IE) .. 60 19. Matriks SWOT .. 61 DAFTAR GAMBAR Nomor Halaman Teks 1. Kerangka Pemikiran STRATEGI PEMASARAN USAHA Roti ( studi KASUS pada CV. Roti Daeng makassar ) .. 24 2. Struktur Organisasi CV. Roti Daeng .. 38 3. Alur Produksi .. 43 DAFTAR LAMPIRAN Nomor Halaman Teks 1. Kuisioner Penelitian .. 67 2. Identifikasi Faktor Internal dan Eksternal .. 80 3. Perhitungan Rating untuk Internal .. 81 4. Perhitungan Rating untuk Eksternal .. 82 5. Peta Lokasi Penelitian .. 83 6. Data Informan .. 84 7. Dokumentasi .. 85 8. Jenis-jenis Roti .. 87 I. PENDAHULUAN Latar Belakang Agroindustri merupakan salah satu bentuk industri hilir yang berbahan baku produk pertanian dan menekankan pada produk olahan dalam suatu perusahaan atau industri.

7 Selain itu, agroindustri juga merupakan tahapan pembangunan sebagai kelanjutan pembangunan pertanian sebelum mencapai pembangunan industri. Kegiatan dari USAHA kecil menengah merupakan salah satu aspek perekonomian yang harus diperhatikan sistem pemasarannya agar mendapatkan keuntungan. Pengembangan aspek perekonomian mampu bersaing dan bertahan dalam segala kondisi. Selama beberapa tahun terakhir sektor ini mampu menjadi penyokong dalam pembentukan Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. PDB merupakan salah satu indikator ekonomi makro yang cukup penting untuk mengetahui peranan dan kontribusi yang diberikan oleh suatu sektor terhadap pendapatan nasional. Peran perdagangan industri dalam meningkatkan PDB Indonesia pada sektor pengolahan makanan dan minuman, pada tahun 2012 sebanyak 5,31%, 5,14% pada tahun 2013, sedangkan pada tahun 2014 sebanyak 5,32% dan pada 2015 sebanyak 5,61% (Kementerian Perindustrian, 2016).

8 Adapun mengenai pertumbuhan PDB menurut lapangan USAHA pengolahan makanan dan minuman yaitu pada tahun 2013 sebanyak 10,33%, tahun 2014 naik sebanyak 4,07%, sedangkan pada tahun 2014 naik sebanyak 9,49%, dan pada tahun 2015 naik sebanyak 7,54% (Kementerian Perindustrian, 2016). Adanya perubahan pola konsumsi masyarakat saat ini dipicu dengan adanya perubahan gaya hidup. Semakin bertambahnya waktu kerja dan dorongan akan kebutuhan pangan yang serba praktis menyebabkan masyarakat memilih pangan dengan penyajian yang lebih praktis dan beragam. Selain itu, kemajuan teknologi dan informasi juga telah banyak mengubah pola hidup masyarakat, termasuk pola makan dan minum masyarakat yang praktis. Peningkatan konsumsi makanan praktis mengakibatkan perkembangan pola konsumsi makanan dengan cepat menjalar ke masyarakat menengah ke atas bahkan masyarakat menengah ke bawah, maka hal ini menjadi peluang yang sangat baik bagi pelaku bisnis pengolahan makanan dalam memasarkan produknya untuk lebih mengembangkan usahanya dan membuat produk yang berkualitas dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat.

9 Salah satu industri makanan yang mengolah hasil pertanian yang menggunakan terigu dan buah pisang adalah industri roti. Prospek industri roti di Kota makassar cukup menguntungkan. Hal ini tidak terlepas dari semakin populernya roti di kalangan masyarakat dan didukung oleh pendapatan masyarakat yang semakin meningkat. Mengonsumsi roti juga dianggap dapat meningkatkan gengsi dengan harga yang terjangkau. Roti adalah makanan yang praktis, tidak memerlukan persiapan yang lama. Selain itu, roti tidak mudah basi (bertahan 2-3 hari) dan mudah didapatkan. Semakin tinggi kesibukan masyarakat menyebabkan kebutuhan roti semakin tinggi. Berdasarkan wawancara dengan salah satu pegawai di Dinas Perindustrian dan Perdagangan bahwa perkembangan roti sangat potensial belakangan ini dan akan semakin berkembang. Tidak semua dari USAHA roti dapat memperoleh pasar yang baik dikalangan konsumen dan memperoleh pangsa pasar yang besar.

10 Untuk itu, penulis melakukan penelitian disalah satu perusahaan roti yaitu CV. Roti Daeng. CV. Roti Daeng harus menggunakan tindakan yang tepat untuk meningkatkan jumlah produksi dan jumlah pelanggan dengan menggunakan STRATEGI yang tepat dalam menghadapi persaingan yang tinggi untuk mendapatkan pelanggan. Roti Daeng berupaya untuk meningkatkan volume penjualan roti dan menambah jumlah pelanggan dengan cara memberikan berbagai pilihan produk kepada pelanggan dalam mengambil keputusan untuk membeli roti. Peningkatan penjualan produk Roti Daeng tidak terlepas dari kegiatan PEMASARAN produk roti tersebut. Terlebih saat ini terdapat banyak USAHA roti di Kota makassar yang memberikan varian rasa yang berbeda dengan tingkat harga yang berbeda pula. Apabila STRATEGI PEMASARAN berjalan dengan baik, maka proses perencanaan dan pelaksanaan konsep, penetapan harga, promosi dan distribusi gagasan, barang dan jasa dalam rangka memuaskan tujuan dapat dicapai dengan baik (Kotler, 2000).