Example: air traffic controller

Ilmu Alamiah Dasar Dalam Perspektif Islam

Sebagai Buku Rujukan Di Perguruan Tinggi Hj. Asiyah, Ahmad Walid, Abdul Aziz Mustamin, Adrian Topano, Ilmu Alamiah Dasar Dalam Perspektif Islam Ilmu Alamiah Dasar Dalam Persfektif Islam Sebagai Buku Rujukan Di Perguruan Tinggi Penulis : Hj. Asiyah, , Ahmad Walid, , Abdul Aziz Mustamin, & Adrian Topano, Editor : Prof. Dr. H. Sirajuddin M, , MH Oki Alek S. Desain Cover: Ahmad Walid, Adrian Topano, Ganda Saputra, Penerbit : Penerbit Vanda Menebarkan Ilmu dan Kebaikan Anggota IKAPI No. 01/Bengkulu/2015 Jl. Mayjen Sutoyo No. 43 Tanah Patah Bengkulu Telp. (0736) 346508 / HP.

Ilmu Alamiah Dasar Dalam Perspektif Islam di Perguruan Tinggi ini memuat materi Ilmu Alamiah Dasar yang diintegrasikan dengan nilai nilai islam untuk Perguruan Tinggi. Buku ini berisi kegiatan yang akan dilaksanakan mahasiswa selama proses pembelajaran meliputi 9 tahapan, yaitu: Menganalisis Topik (Analyze), Mengamati, Menanya, Merencanakan (Plan),

Tags:

  Pembelajaran, Dalam, Inail, Nilai nilai

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of Ilmu Alamiah Dasar Dalam Perspektif Islam

1 Sebagai Buku Rujukan Di Perguruan Tinggi Hj. Asiyah, Ahmad Walid, Abdul Aziz Mustamin, Adrian Topano, Ilmu Alamiah Dasar Dalam Perspektif Islam Ilmu Alamiah Dasar Dalam Persfektif Islam Sebagai Buku Rujukan Di Perguruan Tinggi Penulis : Hj. Asiyah, , Ahmad Walid, , Abdul Aziz Mustamin, & Adrian Topano, Editor : Prof. Dr. H. Sirajuddin M, , MH Oki Alek S. Desain Cover: Ahmad Walid, Adrian Topano, Ganda Saputra, Penerbit : Penerbit Vanda Menebarkan Ilmu dan Kebaikan Anggota IKAPI No. 01/Bengkulu/2015 Jl. Mayjen Sutoyo No. 43 Tanah Patah Bengkulu Telp. (0736) 346508 / HP.

2 081314690831 iii Pencetak : Vanda Marcom Jl. Mayjen Sutoyo No. 43 Tanah Patah Bengkulu Telp. (0736) 346508 / HP. 081314690831 Cetakan Pertama : Bengkulu, Juli 2019 Hak Cipta dilindungi oleh Undang-undang. Dilarang mengutip atau memperbanyak sebagian atau seluruh isi buku ini tanpa izin tertulis dari penerbit. xviii Hlm 746; 15 cm x 21 cm ISBN : 978-602-6784-89-6 KATA SAMBUTAN REKTOR IAIN Bengkulu Puji Syukur kehadirat Allah SWT, buku yang berjudul Ilmu Alamiah Dasar Dalam Perspektif Islam Sebagai Rujukan di Perguruan Tinggi dapat diterbitkan. Saya mengucapkan selamat kepada Hj.

3 Asiyah, dkk atas bukunya yang ditulis dengan cermat dan diberi judul yang tepat. Selaku pimpinan di IAIN Bengkulu, menyambut baik atas diterbitkannya buku ini, dan ucapan terima kasih kepada para penulis. Menurut hemat saya, buku ini secara keseluruhan memiliki kualitas yang baik di aspek isi materi. Mudah-mudahan buku ini bisa menjadi salah satu buku yang diharapkan ikut serta Dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia melalui pendidikan perguruan tinggi di Indonesia. Saya berharap suatu saat nanti Indonesia akan mempunyai sumber daya manusia yang mengerti akan pentingnya pemahaman ilmu Alamiah Dasar ini.

4 Peran dosen serta perguruan tinggi sangat dibutuhkan untuk mencetak generasi-generasi penerus bangsa yang mengerti akan integrasi ilmu sains dan Islam di tahun-tahun yang akan datang. Saya yakin buku Ilmu Alamiah Dasar Dalam Perspektif Islam Sebagai Rujukan di Perguruan Tinggi ini akan memberikan kontribusi informasi yang berguna dan patut dijadikan salah satu rujukan di perguruan tinggi di Indonesia. Bengkulu 23 Juli 2019 Rektor IAIN Bengkulu Prof. Dr. H. Sirajuddin, MH SSekapur Sirih Puji syukur dipersembahkan kehadirat Allah SWT atas rahmat, kekuatan dan ridho-Nya telah diselesaikan Buku Ilmu Alamiah Dasar Dalam Perspektif Islam di Perguruan Tinggi ini dengan baik dan tepat waktu.

5 Buku Ilmu Alamiah Dasar Dalam Perspektif Islam di Perguruan Tinggi ini memuat materi Ilmu Alamiah Dasar yang diintegrasikan dengan nilai nilai Islam untuk Perguruan Tinggi. Buku ini berisi kegiatan yang akan dilaksanakan mahasiswa selama proses pembelajaran meliputi 9 tahapan, yaitu: Menganalisis Topik (Analyze), Mengamati, Menanya, Merencanakan (Plan), Mengumpulkan informasi (Implement), Mengasosiasikan (Comprehend & Problem Solve), Mengkomunikasikan, Mengevaluasi (Evaluate) dan Memodifikasi. Buku ini bertujuan untuk membantu mahasiswa selama pembelajaran yang dilengkapi dengan lembar kerja siswa (LKS) dan disajikan sesuai sintak/tahapan RPKPS (Rencana Program Kegiatan Perkuliahan Semester).

6 Tahap ke-1 adalah kegiatan awal mahasiswa berupa analisis topik yakni penyampaian KD, indikator, dan tujuan pembelajaran . Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa mengetahui goal pembelajaran yang akan dicapai. Tahap ke-2 yakni mengamati permasalahan berdasarkan wacana yang disajikan dan penambahan gambar yang berkaitan dengan permasalahan yang harus dipecahkan siswa pada kegiatan selanjutnya. Gambar dan topik disusun sedemikian rupa agar menimbulkan minat keingintahuan siswa. Kegiatan mengamati (tahap 2) akan menimbulkan pertanyaan dibenak para siswa (tahap ke-3).

7 Tahap ke-4 berisi kegiatan diskusi kelompok untuk menentukan rencana kegiatan pemecahan masalah/strategi pemecahan masalah terkait dengan pertanyaan yang didapat. Hasil kegiatan eksperimen selanjutnya digunakan baik sebagai referensi, acuan maupun bahan informasi. Selanjutnya Tahap ke-5 (mengumpulkan informasi) juga dilakukan melalui kegiatan studi pustaka untuk menunjang hasil penelitian. Informasi yang telah terkumpul selanjutnya dicacat Dalam bentuk Tahap ke-6 mengasosiasi tidak hanya berisi kegiatan untuk melakukan pengumpulan informasi/mengasosiasi saja, tetapi juga mengarahkan siswa untuk memeriksa kembali pemahaman informasi yang mereka dapatkan (comprehend) serta mencari pemecahan masalah mengenai informasi yang belum mereka pahami (problem solving).

8 Kesadaran akan kekurangan pada diri merupakan suatu wahana untuk melakukan perbaikan, proses ini memberikan tanggung jawab langsung kepada diri siswa bersangkutan untuk menjalani proses dan mencapai produk belajar yang optimal (Grotzer & Mittlefehldt, 2012:95). Tahap ke-7 mengkomunikasikan dilakukan setelah semua informasi terkumpul serta dianalisis kebenarannya. Kegiatan ini bertujuan untuk saling bertukar informasi atas informasi/hasil yang telah mereka peroleh. Tahapan ke-8 mengevaluasi bertujuan untuk mereview semua kegiatan yang telah dilaksanakan dari awal hingga akhir, apabila terdapat kesalahan baik pada langkah maupun informasi siswa dapat menuliskan dan menyampaikan pada guru untuk selanjutnya dilakukan perbaikan pada sintaks selanjutnya.

9 Terakhir, Tahap ke-9 pada strategi RPKPS memberikan suatu perbaikan perencanaan Dalam menjawab rumusan pertanyaan. Tahapan ini diletakkan terakhir, karena kegiatan perbaikan/modifikasi tentunya berdasarkan hasil evaluasi yang telah dilaksanakan. Perbaikan ini tentunya diberikan jika siswa mengalami suatu kendala atau kesalahan Dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Perbaikan ini dapat berupa merevisi strategi yang mereka gunakan, dan memperbaiki hasil informasi yang telah mereka peroleh. Buku Ilmu Alamiah Dasar Terintegrasi nilai nilai Islam ini juga dilengkapi dengan KD, indikator, uraian materi, rangkuman, info biologi, tes formatif, petunjuk penilaian, tugas individu, refleksi diri, kunci jawaban, glosarium dan daftar pustaka.

10 Buku Ilmu Alamiah Dasar Terintegrasi nilai nilai Islam bertujuan untuk memberikan impact bagi siswa Dalam bentuk peningkatan kemampuan metakognitif, penguasaan konsep biologi, dan kemampuan berbahasa asing dengan melaksanakan seluruh rangkaian proses pembelajaran secara sistematis. Akhir kata, penulis mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu Dalam penulisan ini serta mengharapkan kritik dan saran yang membangun sebagai perbaikan agar ini menjadi lebih baik lagi. Bengkulu, Mei 2019 Penulis DAFTAR ISI HALAMAN SAMPUL KATA PENGANTAR DAFTAR ISI BAB I.


Related search queries