Example: barber

TAFSIR AYAT-AYAT EKONOMI - UINSU

TAFSIR AYAT-AYAT EKONOMITAFSIR AYAT-AYAT EKONOMIS ebuah Eksplorasi Melalui Kata-Kata Kuncidalam Al-Qur anTAFSIR AYAT-AYAT EKONOMITAFSIR AYAT-AYAT EKONOMIDr. H. Azhari Akmal Tarigan, AYAT-AYATEKONOMIS ebuah Eksplorasi MelaluiKata-kata Kunci dalam Al-Qur anCitapustaka Media PerintisBekerjasama dengan Prodi EKONOMI IslamFakultas Syari ah Medan2012 TAFSIR AYAT-AYAT EKONOMITAFSIR AYAT-AYAT EKONOMIS ebuah Eksplorasi Melalui Kata-kata Kuncidalam Al-Qur anPenulis: Dr. H. Azhari Akmal Tarigan, 2012, Pada cipta dilindungi undang-undangAll rights reservedPenata letak: Muhammad Yunus NasutionPerancang sampul: Aulia GrafikaDiterbitkan oleh:Citapustaka Media PerintisJl.

Andaipun kita merujuk ke kitab-kitab tafsir klasik, kita tidak bertemu penafsiran ayat-ayat ekonomi ini secara spesifik terlebih-lebih yang memiliki kontekstualisasi dengan persoalan ... Tauhid ___ 31 4. Homoeconomic Vs Homoislamicus ___ 50 5. Musykilat Al-Iqtishadiyyah ___ 62 6. Al-Falah ___ 74 7. Al-Amwal ___ 89

Tags:

  Kitab, Tauhid

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of TAFSIR AYAT-AYAT EKONOMI - UINSU

1 TAFSIR AYAT-AYAT EKONOMITAFSIR AYAT-AYAT EKONOMIS ebuah Eksplorasi Melalui Kata-Kata Kuncidalam Al-Qur anTAFSIR AYAT-AYAT EKONOMITAFSIR AYAT-AYAT EKONOMIDr. H. Azhari Akmal Tarigan, AYAT-AYATEKONOMIS ebuah Eksplorasi MelaluiKata-kata Kunci dalam Al-Qur anCitapustaka Media PerintisBekerjasama dengan Prodi EKONOMI IslamFakultas Syari ah Medan2012 TAFSIR AYAT-AYAT EKONOMITAFSIR AYAT-AYAT EKONOMIS ebuah Eksplorasi Melalui Kata-kata Kuncidalam Al-Qur anPenulis: Dr. H. Azhari Akmal Tarigan, 2012, Pada cipta dilindungi undang-undangAll rights reservedPenata letak: Muhammad Yunus NasutionPerancang sampul: Aulia GrafikaDiterbitkan oleh:Citapustaka Media PerintisJl.

2 Cijotang Indah II No. 18-A BandungTelp. (022) 82523903E-mail: person: 08126516306-08562102089 Bekerja sama dengan:Prodi EKONOMI IslamProdi EKONOMI IslamProdi EKONOMI IslamProdi EKONOMI IslamProdi EKONOMI IslamFakultas Syari ah IAIN. SU MedanFakultas Syari ah IAIN. SU MedanFakultas Syari ah IAIN. SU MedanFakultas Syari ah IAIN. SU MedanFakultas Syari ah IAIN. SU MedanCetakan pertama: Maret 2012 ISBN 978-602-9377-17-0 ISBN 978-602-9377-17-0 ISBN 978-602-9377-17-0 ISBN 978-602-9377-17-0 ISBN 978-602-9377-17-0 Didistribusikan oleh:Cv. Perdana Mulya SaranaJl. Sosro No. 16-A Medan 20224 Telp. 061-7347756, 77151020 Faks.

3 061-7347756E-mail: person: 08126516306 TAFSIR AYAT-AYAT EKONOMIvKATA PENGANTARS yukur Al-Hamdulillah, Buku TAFSIR AYAT-AYAT EKONOMI yangpada mulanya saya persiapkan untuk mata kuliah TAFSIR Ayat-AyatEkonomi ini akhirnya dapat diselesaikan dengan segala Dosen yang ditugaskan untuk mengasuh mata kuliahini saya merasakan kesulitan dalam mengajarkannya. Kesulitan inijuga dirasakan oleh teman-teman lainnya. Berbeda dengan TAFSIR ayathukum, yang referensinya sudah banyak, TAFSIR ayat EKONOMI terbilanglangka bahkan tidak ada. Belakangan ini sudah ada upaya dari penulis-penulis yang punya perhatian terhadap tema ini untu menuliskannyake dalam bentuk sebuah buku.

4 Sayangnya, upaya itu juga terkendalaoleh minimnya referensi. Andaipun kita merujuk ke kitab - kitab tafsirklasik, kita tidak bertemu penafsiran AYAT-AYAT EKONOMI ini secaraspesifik terlebih-lebih yang memiliki kontekstualisasi dengan persoalankekinian. Mau tidak mau, kita harus merujuk ke dalam berbagai kitabtafsir, memilah dan memilih bentuk-bentuk penafsiran yang memilikikontekstualisasi dengan tema yang sedang di yang saya lakukan ini adalah sebagai usaha sangat kecil untukmenutupi kekurangan referensi. Buku ini tidak lebih dari pintu masukuntuk mendalami kandungan AYAT-AYAT EKONOMI Alquran. Para mahasiswadiharapkan dapat merujuk langsung kepada sumber-sumber yanginsya Allah di dalam buku ini akan penulis sebutkan selengkapnya.

5 Dengandemikian, berhenti hanya memadakan buku ini untuk mempelajariayat-ayat EKONOMI bukanlah satu sikap yang saya ingin mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada Prof. Ahmad Fadhil Lubis, MA dalam kapasitasnyasebagai Rektor yang terus mendorong dosen-dosen AYAT-AYAT EKONOMI viuntuk terus berkarya. Demikian pula kepada Dr. Jamil MA selakuDekan Fak. Syari ah , DR. Saidurrahman , (PD I), Rohani, (PD II) dan Dr. , MA (PD III) yang telahmenumbuhkan suasana akademik yang kondusif di Fakultas sehinggapara dosen termotivasi untuk terus berkarya. Khusus kepada Amiur Nuruddin, MA dan Prof. M. Yasir Nasution, yang berjasamembawa EKONOMI ISlam masuk ke dan akhirnya menjadiikon , saya haturkan perhanggaan yang ini lahir -baik langsung atau tidak- adalah buah dari pergulatanintelektual penulis bersama pula halnya ucapan terimakasih yang setulusnya sayasampaikan kepada teman-teman di jurusan, Sdri Isnaini Harahap,MA, Zuhrinal M Nawawi, MA, Ahmad Syakir, MA, Hotbhin Hasugian, dan Sdri Anio , MM, atas kerjasamanya yang baik selama pula halnya kepada dua mahasiswa terbaik saya, RahmatDaim dan Juanda yang berkena membaca naskah ini untuk memeriksakesalahan ketik dan hal-hal lain yang ada gading yang tak retak.

6 Tak ada buku yang tak memilikikekurangan. Kesadaran ini menghantarkan saya kepada satu permohonankepada para pembaca untuk memberi masukan dan kritikan terhadapbuku ini. Semoga pada masa yang akan datang, dapat disempurnakanatau setidaknya dapat wa Al-HidayahAzhari Akmal TariganTAFSIR AYAT-AYAT EKONOMIviiDAFTAR ISIKata Pengantar Penulis ___ vDaftar Isi ___ vii1. Al-Qur an dan EKONOMI ___ ___ 183. tauhid ___ Vs Homoislamicus ___ Al-Iqtishadiyyah ___ 626. Al-Falah ___ 747. Al-Amwal ___ 898. Al-Fadhl ___ 1049. Al-Rizq ___ Amal wa al-Sana ___ 13311. Al-Ujrah ___ 15612. Produksi ___ 16713.

7 Distribusi ___ 18614. Konsumsi ___ 20015. Riba dan Bunga Bank ___ 21716. Akuntansi Islam ___ 23617. Perdagangan ___ 251 Daftar Kepustakaan ___ 267 TAFSIR AYAT-AYAT EKONOMI viii1 TAFSIR AYAT-AYAT EKONOMI AL-QUR AN1 ALQURAN DAN EKONOMIA. IslamSecara garis besar, dimensi ajaran Islam terdiri dari tiga. Sebagianahli menyebutnya dengan trilogi ajaran ilahi yang terdiri dariiman, islam, dan ihsan. Pokok-pokok ajaran tersebut disarikandari sebuah hadis Rasul yang diriwayatkan dari Bukhari- Muslim,yang memuat rukun islam, rukun iman dan ihsan (akhlak). Dengankata lain, dapat disimpulkan bahwa garis besar agama Islam terdiridari akidah, syari ah, dan yang berarti ikatan, kepercayaan, dan keyakinan telahdisistematisasikan ke dalam apa yang disebut dengan rukun iman(arkan al iman), yang memuat kepercayaan (keimanan): iman kepadaAllah, iman kepada Malaikat, iman kepada kitab - kitab , iman kepadaRasul, iman kepada hari Qiamat dan iman kepada QadarSyari ah yang semula berarti jalan, memuat satu sistem normaIlahi yang mengatur hubungan manusia dengan Tuhannya, manusiadengan manusia dan manusia dengan alam.

8 Pada garis besarnya aturan-aturan tersebut dikelompokkan pada dua bahagian yaitu Ibadah danMua malah. Ibadah yang dimaksud di sini adalah tata aturan Ilahiyang mengatur hubungan ritual langsung antara hamba (makhluk)dengan Tuhannya, yang tata caranya telah ditentukan secara rincisebagaimana yang terdapat dalam Alquran dan al-Hadis. Ibadahdalam pengertian ini tersimpul dalam rukun Islam (arkan al-Islam)yaitu ,Syahadat, Sholat, Zakat, Puasa dan AYAT-AYAT EKONOMI AL-QUR ANAdapun mu amalah memuat aturan-aturan dalam konteks hubungansesama manusia dalam maknanya yang luas. Aspek mu amalah inidalam Alquran dan Hadis, tidak diatur secara rinci, melainkan diungkapdengan menyebut garis-garis besarnya saja.

9 Bahkan dalam Alquranaspek mua malah ini dijelaskan tidak lebih dari 500 ayat atau 5, 8 %dari keseluruhan ayat Alquran. Jika menggunakan penelitian AbdulWahab Khallaf, yang termasuk dalam bagian mu amalah adalah yang berkaitan dengan masalah keluarga (al-ahwalal- syakhshiah) yang terdiri dari 70 ayat. Perdata terdiridari 70 ayat (ahkam Madniyah), Pidana terdiri dari 30ayat (ahkam al-Jinayah) Acara terdiri dari 13 ayat (ahkamal-Murafa at) Peradilan terdiri dari 10 ayat (ahkam al-qada ), Tata Negara terdiri dari 25 ayat (ahkam al-Dauliyah). EKONOMI terdiri dari 10 ayat (ahkam al-Iqtisadiyah wa al-Maliyah)Berangkat dari jumlah AYAT-AYAT mu amalah yang relatif sedikitdi atas, terkesan bahwa Alquran sebagai sumber utama ajaran Is-lam tidak rinci dan tuntas membicarakannya.

10 Padahal masalah hubunganantar sesama manusia merupakan persoalan yang cukup dengan aspek ibadah, dimana Alquran dan Hadis membicarakannyasecara rinci, tentu saja dengan jumlah ayat dan hadis yang demikian?Perbedaan yang mendasar antara ibadah dan mu amalah terletakpada bahasa atau ungkapan yang digunakan Alquran. Untuk yangpertama, Alquran menggunakan bahasa yang rinci (tafsili) dan tegas,sehingga ruang untuk terjadinya perbedaan penafsiran sangat ada perbedaan tidaklah perinsifil. Hal ini menunjukkandalam dimensi ibadah menyangkut hubungan manusia dengan Tuhannya,tidak ada peluang untuk menambah atau mengurangi hal-hal yangtelah diatur oleh Alquran dan hadis.


Related search queries