Example: quiz answers

MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED & SEQUENCE

MODUL BELAJAR PENGEMBANGAN KURIKULUM TEMATIK MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED & SEQUENCE Ratna Hidayah, M. Pd. & Laksmi Evasufi Widi Fajari, M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret 2021i KATA PENGANTAR Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa akhirnya penulis dapat menyusun modul dengan baik dan tepat waktu. Modul ini mengangkat topik MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED dan SEQUENCE untuk mata kuliah Pengembangan Kurikulum Tematik di semester 2 tahun ajaran 2021/2022 di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Setelah membaca modul ini, diharapkan peserta didik mampu menguasai konsep MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED dan SEQUENCE .

pembelajaran terpadu tipe connected menurut pendapat ahli di atas, simpulkan kelebihan dan kelemahan model pembelajaran terpadu tipe connected menurut Anda! 1. Pengertian Model Pembelajaran Terpadu Tipe Sequence Model sequenced merupakan model pemaduan topik-topik antar mata pelajaran yang berbeda secara paralel. Isi

Tags:

  Updater

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED & SEQUENCE

1 MODUL BELAJAR PENGEMBANGAN KURIKULUM TEMATIK MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED & SEQUENCE Ratna Hidayah, M. Pd. & Laksmi Evasufi Widi Fajari, M. Pd. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret 2021i KATA PENGANTAR Puji Syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa akhirnya penulis dapat menyusun modul dengan baik dan tepat waktu. Modul ini mengangkat topik MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED dan SEQUENCE untuk mata kuliah Pengembangan Kurikulum Tematik di semester 2 tahun ajaran 2021/2022 di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret. Setelah membaca modul ini, diharapkan peserta didik mampu menguasai konsep MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED dan SEQUENCE .

2 Oleh karenanya, bacalah dengan cermat seluruh isi modul ini agar Anda dapat menguasai materi dengan baik dan berhasil mencapai tujuan PEMBELAJARAN yang telah dirumuskan. Akhir kata, semoga modul ini bermanfaat untuk bagi semua pihak. Kebumen, Maret 2021 Dosen Mata Kuliah Pengembangan Kurikulum Tematik ii DAFTAR ISI Kata pengantar .. i Isi bahasan .. ii Tujuan PEMBELAJARAN .. 1 Pengertian MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED .. 2 Karakteristik MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED .. 3 Langkah-langkah MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED .. 5 Kelebihan dan Kekurangan MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED .. 7 Pengertian MODEL PEMBELAJARAN TERPADU SEQUENCE .. 9 Karakteristik MODEL PEMBELAJARAN TERPADU SEQUENCE .. 11 Langkah-langkah MODEL PEMBELAJARAN TERPADU SEQUENCE .

3 13 Kelebihan dan Kekurangan MODEL PEMBELAJARAN TERPADU SEQUENCE .. 15 Referensi .. 16 1 KURIKULUM TEMATIK Isi bahasan 1. Pengertian MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED 2. Karakteristik MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED 3. Langkah-langkah MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED 4. Kelebihan dan Kekurangan MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED 5. Pengertian MODEL PEMBELAJARAN TERPADU SEQUENCE 6. Karakteristik MODEL PEMBELAJARAN TERPADU SEQUENCE 7. Langkah-langkah MODEL PEMBELAJARAN TERPADU SEQUENCE 8. Kelebihan dan Kekurangan MODEL PEMBELAJARAN TERPADU SEQUENCE TUJUAN PEMBELAJARAN Setelah membaca modul ini, diharapkan peserta mampu: 1. Menjelaskan pengertian MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED 2. Menjelaskan karakteristik MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED 3.

4 Mengidentifikasi langkah-langkah MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED 4. Menganalisis kelebihan dan kekurangan MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED 5. Menjelaskan pengertian MODEL PEMBELAJARAN TERPADU SEQUENCE 6. Menjelaskan karakteristik MODEL PEMBELAJARAN TERPADU SEQUENCE 7. Mengidentifikasi langkah-langkah MODEL PEMBELAJARAN TERPADU SEQUENCE 8. Menganalisis kelebihan dan kekurangan MODEL PEMBELAJARAN TERPADU SEQUENCE 2 1. Pengertian MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED PEMBELAJARAN TERPADU MODEL keterhubungan merupakan MODEL integrasi inter bidang studi. MODEL ini mengorganisasikan atau mengintegrasikan satu konsep, keterampilan, atau kemampuan yang ditumbuhkembangkan dalam suatu pokok bahasan atau sub pokok bahasan yang dikaitkan dengan konsep, keterampilan atau kemampuan pada pokok basan atau subpokok bahasan lain dalam suatu bidang studi.

5 Menurut Saud (2016) PEMBELAJARAN TERPADU MODEL keterhubungan adalah MODEL PEMBELAJARAN TERPADU yang secara sengaja diusahakan untuk menghubungkan satu konsep dengan konsep lain, satu topik dengan topik lain, satu keterampilan dengan keterampilan lain, tugas-tugas yang dilakukan dalam satu hari dengan tugas-tugas yang dilakukan dihari berikutnya, bahkan ide ide yang dipelajari dalam satu semester dengan ide-ide yang akan dipelajari pada semester berikutnya di dalam satu mata pelajaran. MODEL CONNECTED dilandasi oleh anggapan bahwa butir-butir PEMBELAJARAN dapat dipayungkan pada induk mata pelajaran tertentu. Butir-butir PEMBELAJARAN seperti: kosakata, struktur, membaca, dan mengarang misalnya, dapat dipayungkan pada mata pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia.

6 Penguasaan butir-butir PEMBELAJARAN tersebut merupakan keutuhan dalam membentuk kemampuan berbahasa dan bersastra. Hanya saja pembentukan pemahaman, keterampilan, dan pengalaman secara utuh tersebut tidak berlangsung secara otomatis. Karena itu, guru harus menata butir-butir PEMBELAJARAN dan proses pembelajarannya secara TERPADU (Rusydi & Abdillah, 2018). Kekuatan PEMBELAJARAN TERPADU MODEL keterhubungan terletak pada adanya hubungan terkait antara satu konsep dengan konsep lain, satu topik dengan topik lain dalam satu 3 bidang ilmu. Dengan merencanakan secara eksplisit tentang keterkaitan tersebut, peserta didik diharapkan dapat membangun pemahamannya tentang keterkaitan antara konsep atau topik yang dipelajarinya secara komprehensif, lebih rinci dan mendalam.

7 Oleh karenanya, kebermaknaan PEMBELAJARAN melalui MODEL PEMBELAJARAN ini dapat tercapai secara optimal. Dengan keterkaitan ide-ide eksplisit yang direncanakan dalam satu bidang ilmu, memberi kemampuan bagi peserta didik untuk memeriksa kembali, melakukan konseptualisasi ulang, mengedit dan mengasimilasi ide-ide tersebut secara bertahap (Mardianto, 2011). Berdasarkan uraian pengertian MODEL PEMBELAJARAN TERPADU tipe fragmented menurut pendapat ahli di atas, simpulkan MODEL PEMBELAJARAN TERPADU tipe fragmented Anda! 2. Karakteristik MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED Ilustrasi MODEL CONNECTED 4 Implementasi PEMBELAJARAN TERPADU MODEL CONNECTED dikembangkan dalam bahasa dan sastra Indonesia secara TERPADU di Sekolah Dasar.

8 Di dalam PEMBELAJARAN bahasa dan sastra secara TERPADU , yaitu PEMBELAJARAN kemampuan berbahasa yang meliputi aspek mendengarkan, aspek berbicara, aspek membaca dan aspek menulis dipayungkan kepada PEMBELAJARAN apresiasi sastra. a. aspek mendengarkan: mengidentifikasi unsur cerita rakyat yang didengarnya b. aspek berbicara: memerankan tokoh drama dengan lafal, intonasi, dan ekspresi yang tepat c. aspek membaca: menyimpulkan isi cerita dalam beberapa kalimat d. aspek menulis: menulis dialog sederhana dua atau tiga tokoh dengan memperhatikan isi serta perannya. Adapun langkah-langkah PEMBELAJARAN yang dapat ditempuh (1) siswa mendengarkan cerita dan mengidentifikasi unsur-unsur ceritanya, (2) siswa membaca cerita dan menyimpulkan isi ceritanya, (3) siswa menulis dialog dua atau tiga tokoh cerita sesuai dengan isi ceritanya, kemudian (4) siswa berlatih berbicara dengan memerankan tokoh ceritanya.

9 Berdasarkan uraian contoh implementasi MODEL PEMBELAJARAN TERPADU tipe CONNECTED di atas, simpulkan karakteristik MODEL PEMBELAJARAN TERPADU tipe CONNECTED menurut Anda! 5 3. Langkah-langkah MODEL PEMBELAJARAN TERPADU CONNECTED Sintaks (pola urutan) dari MODEL PEMBELAJARAN TERPADU tipe CONNECTED (terhubung) menurut Prabowo (2000:11 14) sebagai berikut : 1. Tahap Perencanaan : a. Menentukan tujuan PEMBELAJARAN umum b. Menentukan tujuan PEMBELAJARAN khusus 2. Langkah-langkah yang ditempuh oleh guru : a. Menyampaikan konsep pendukung yang harus dikuasai siswa (materi prasyarat) b. Menyampaikan konsep-konsep yang hendak dikuasai oleh siswa c. Menyampaikan keterampilan proses yang dapat dikembangkan d. Menyampaikan alat dan bahan yang akan digunakan / dibutuhkan e.

10 Menyampaikan pertanyaan kunci 3. Tahap Pelaksanaan, meliputi : a. Pengelolaan kelas (dengan membagi kelas kedalam beberapa kelompok) b. Kegiatan proses c. Kegiatan pencatatan data d. Diskusi secara klasikal 4. Evaluasi, meliputi : Evaluasi proses , berupa: (11) Ketepatan hasil pengamatan; (2) Ketepatan dalam penyusunan alat dan bahan; (3) Ketepatan siswa saat menganalisis data. Evaluasi produk: penguasaan siswa terhadap konsep-konsep / materi sesuai dengan tujuan PEMBELAJARAN khusus yang telah ditetapkan. Evaluasi psikomotor: kemampuan penguasaan siswa terhadap penggunaan alat ukur. 6 Dalam menerapkan PEMBELAJARAN TERPADU MODEL keterhubungan perlu diperhatikan beberapa hal sebagaimana dijelaskan Mardianto (2011:54) sebagai berikut: a.


Related search queries