Example: barber

MODUL 3 PEMAHAMAN UMUM PENGAWASAN …

MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI i MODUL 03 MODUL PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI PELATIHAN PENGENDALIAN PENGAWASAN PEKERJAAN KONSTRUKSI 2017 PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI i KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya validasi dan penyempurnaan MODUL PEMAHAMAN umum PENGAWASAN Konstruksi sebagai Materi Wawasan dalam Pelatihan Pengendalian PENGAWASAN Pekerjaan Konstruksi. MODUL ini disusun untuk memenuhi kebutuhan kompetensi dasar Aparatur Sipil Negara (ASN) di bidang PUPR. MODUL PEMAHAMAN umum PENGAWASAN Konstruksi disusun dalam 5 (lima) bab yang terbagi atas Pendahuluan, Materi Pokok, dan Penutup. Penyusunan MODUL yang sistematis diharapkan mampu mempermudah peserta pelatihan dalam memahami pengendalian PENGAWASAN pada pekerjaan konstruksi.

konstruksi. Pemahaman-pemahaman umum terhadap bidang konstruksi perlu dimiliki oleh para petugas pengawas pekerjaan konstruksi agar pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan sesuai dengan hasil yang diharapkan. 1.2 Deskripsi Singkat Modul ini membahas tentang pengertian-pengertian yang berhubungan dengan

Tags:

  Moulds, Umum, Pengawasan, Modul 3 pemahaman umum pengawasan, Pemahaman

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of MODUL 3 PEMAHAMAN UMUM PENGAWASAN …

1 MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI i MODUL 03 MODUL PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI PELATIHAN PENGENDALIAN PENGAWASAN PEKERJAAN KONSTRUKSI 2017 PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI i KATA PENGANTAR Puji dan syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa atas selesainya validasi dan penyempurnaan MODUL PEMAHAMAN umum PENGAWASAN Konstruksi sebagai Materi Wawasan dalam Pelatihan Pengendalian PENGAWASAN Pekerjaan Konstruksi. MODUL ini disusun untuk memenuhi kebutuhan kompetensi dasar Aparatur Sipil Negara (ASN) di bidang PUPR. MODUL PEMAHAMAN umum PENGAWASAN Konstruksi disusun dalam 5 (lima) bab yang terbagi atas Pendahuluan, Materi Pokok, dan Penutup. Penyusunan MODUL yang sistematis diharapkan mampu mempermudah peserta pelatihan dalam memahami pengendalian PENGAWASAN pada pekerjaan konstruksi.

2 Penekanan orientasi pembelajaran pada MODUL ini lebih menonjolkan partisipasi aktif dari para peserta. Akhirnya, ucapan terima kasih dan penghargaan kami sampaikan kepada Tim Penyusun dan Tim Validasi Sistem Diklat, sehingga MODUL ini dapat disajikan dengan baik. Perubahan MODUL di masa mendatang senantiasa terbuka dan dimungkinkan mengingat akan perkembangan situasi, kebijakan dan peraturan yang terus menerus terjadi. Semoga MODUL ini dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kompetensi ASN di bidang PUPR. Bandung, Oktober 2017 Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya Air dan Konstruksi Ir. K. M. Arsyad, MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI ii PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI DAFTAR ISI KATA PENGANTAR .. i DAFTAR ISI .. ii DAFTAR TABEL .. v DAFTAR GAMBAR .. vi PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL .. vii BAB I PENDAHULUAN .. 1 Latar Belakang .. 1 Deskripsi Singkat .. 1 Tinjauan Pembelajaran.

3 1 Hasil Belajar .. 1 Indikator Hasil Belajar .. 1 Materi Pokok dan Sub Materi Pokok .. 2 BAB II KONSEPSI KONSTRUKSI .. 5 Dasar Hukum .. 5 Pengertian Pekerjaan Konstruksi .. 5 Karakteristik Konstruksi .. 6 Proses Konstruksi .. 6 Kualitas dan Konstruksi/ Bangunan .. 7 Kegiatan Kerja Konstruksi .. 8 Tahapan Pekerjaan / Proyek Konstruksi .. 9 Manajemen Konstruksi .. 11 Perencanaan Konstruksi .. 12 Pengadaan Lahan .. 12 Pelaksanaan Kontrak .. 13 Operasi dan Pemeliharaan (O & P) .. 13 Pembongkaran (Demolisi) .. 14 Permasalahan Dalam Pekerjaan Konstruksi .. 14 Manfaat Penggunaan Manajemen Konstruksi .. 15 Indikator Keberhasilan Konstruksi .. 17 MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI iii Latihan .. 20 Rangkuman .. 20 Evaluasi .. 21 BAB III PENGENALAN BANGUNAN INFRASTRUKTUR .. 23 Jenis Bangunan Infrastruktur .. 23 Rangkaian Kegiatan Pembangunan Infrastruktur.

4 26 Peran Kementerian PUPR dalam Pembangunan Infrastruktur .. 27 Infrastruktur Sumber Daya Air .. 27 Infrastruktur 28 Infrastruktur Perumahan dan Pemukiman .. 28 Infrastruktur Perumahan .. 28 Latihan .. 29 Rangkuman .. 29 Evaluasi .. 29 BAB IV PEDOMAN umum PENGAWASAN PEKERJAAN KONSTRUKSI .. 31 Pengertian PENGAWASAN Pekerjaan Konstruksi .. 31 Prinsip dan Norma PENGAWASAN .. 35 Konsep dan Kriteria PENGAWASAN .. 36 Tujuan dan Sasaran PENGAWASAN .. 45 Ruang Lingkup Tugas PENGAWASAN .. 46 Lingkup Tugas dan Wewenang Pengawas .. 46 Daftar Simak Tugas PENGAWASAN .. 48 Sarana PENGAWASAN (Dokumen Kontrak).. 51 Latihan .. 53 Rangkuman .. 53 Evaluasi .. 53 BAB V PENUTUP .. 55 Simpulan .. 55 Tindak Lanjut .. 56 DAFTAR PUSTAKA .. 57 MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI iv PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI GLOSARIUM .. 59 KUNCI JAWABAN .. 67 MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI v DAFTAR TABEL Tabel 3.

5 1 - Jenis Infrastruktur Transportasi .. 25 Tabel 3. 2 - Jenis Infrastruktur Sumber Daya Air .. 25 Tabel 3. 3 - Jenis Infrastruktur Cipta Karya .. 26 MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI vi PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI DAFTAR GAMBAR Gambar 2. 1 - Proses Konstruksi .. 7 Gambar 2. 2 - Sistem Mutu dan Kualitas .. 8 Gambar 2. 3 - Rangkaian Kegiatan Konstruksi .. 9 Gambar 2. 4 - Tahapan Pekerjaan Proyek Konstruksi .. 10 Gambar 2. 5 - Proses Manajemen Konstruksi PUPR .. 10 Gambar 2. 6 - Proses Manajemen Konstruksi .. 11 Gambar 2. 7 - Tertib Penyelenggaraan Pembangunan .. 12 Gambar 3. 1 - Hubungan Antara Sistem Sosial, Ekonomi, Infrastruktur, dan .. 23 Gambar 3. 2 - Contoh Infrastruktur .. 24 Gambar 3. 3 - Alur Kegiatan Pembangunan Infrastruktur .. 27 Gambar 4. 1 - Hubungan Pengendalian Dengan PENGAWASAN .. 33 MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI vii PETUNJUK PENGGUNAAN MODUL Deskripsi MODUL PEMAHAMAN umum PENGAWASAN Konstruksi ini terdiri dari tiga kegiatan belajar mengajar.

6 Kegiatan belajar pertama membahas konstruksi secara umum , kegiatan kedua membahas mengenai pengenalan bangunan infrastruktur, dan kegiatan ketiga membahas pedoman umum PENGAWASAN pekerjaan konstruksi. Peserta pelatihan mempelajari keseluruhan MODUL ini dengan cara yang berurutan. PEMAHAMAN setiap materi pada MODUL ini diperlukan untuk memahami konstruksi. Setiap kegiatan belajar dilengkapi dengan latihan atau evaluasi yang menjadi alat ukur tingkat penguasaan peserta pelatihan setelah mempelajari materi dalam MODUL ini Persyaratan Dalam mempelajari MODUL pembelajaran ini, peserta pelatihan diharapkan dapat menyimak dengan seksama penjelasan dari pengajar, sehingga dapat memahami dengan baik materi yang merupakan dasar dari Pengendalian PENGAWASAN Pekerjaan Konstruksi. Untuk menambah wawasan, peserta diharapkan dapat membaca terlebih dahulu peraturan dan kebijakan tentang PENGAWASAN Pekerjaan Konstruksi.

7 Metode Dalam pelaksanaan pembelajaran ini, metode yang dipergunakan adalah dengan kegiatan pemaparan yang dilakukan oleh Widyaiswara/Fasilitator, adanya kesempatan tanya jawab, curah pendapat, bahkan diskusi. Alat Bantu/Media Untuk menunjang tercapainya tujuan pembelajaran ini, diperlukan Alat Bantu/Media pembelajaran tertentu, yaitu: LCD/proyektor, Laptop, white board dengan spidol dan penghapusnya, bahan tayang, serta MODUL dan/atau bahan ajar. MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI viii PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI Tujuan Kurikuler Khusus Setelah mengikuti semua kegiatan pembelajaran dalam mata pelatihan ini, peserta diharapkan mampu memahami Pekerjaan Konstruksi, Bangunan Infrastruktur dan PENGAWASAN Pekerjaan Konstruksi. MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI 1 BAB I PENDAHULUAN Latar Belakang Pesatnya pembangunan di sektor jasa konstruksi menyebabkan perlunya SDM yang berkualitas dalam memfasilitasi pelaksanaan kegiatan.

8 SDM ini adalah termasuk pihak pemberi pekerjaan seperti PPK atau ASN yang bertanggungjawab melakukan PENGAWASAN terhadap pelaksanaan pekerjaan konstruksi. PEMAHAMAN - PEMAHAMAN umum terhadap bidang konstruksi perlu dimiliki oleh para petugas pengawas pekerjaan konstruksi agar pekerjaan konstruksi yang dilaksanakan sesuai dengan hasil yang diharapkan. Deskripsi Singkat MODUL ini membahas tentang pengertian-pengertian yang berhubungan dengan pekerjaan konstruksi, bangunan infrastruktur, dan pedoman umum dalam PENGAWASAN pekerjaan konstruksi. Tinjauan Pembelajaran Hasil Belajar Setelah mengikuti semua kegiatan pembelajaran dalam mata pelatihan ini, peserta diharapkan mampu memahami Pekerjaan Konstruksi, Bangunan Infrastruktur dan PENGAWASAN Pekerjaan Konstruksi. Indikator Hasil Belajar Setelah selesai mengikuti mata diklat ini peserta mampu menjelaskan: a) Pekerjaan Konstruksi, Permasalahan pada Pekerjaan Konstruksi dan Indikator Keberhasilan Pekerjaan Konstruksi b) Bangunan Infrastruktur c) PENGAWASAN Pekerjaan Konstruksi MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI 2 PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI Materi Pokok dan Sub Materi Pokok a) Materi Pokok 1: Konsepsi Konstruksi 1) Dasar Hukum 2) Pengertian Pekerjaan Konstruksi 3) Karakteristik Konstruksi 4) Proses Konstruksi 5) Kualitas dan Konstruksi/Bangunan 6) Kegiatan Kerja Konstruksi 7) Tahapan Pekerjaan/Proyek Konstruksi 8) Manajemen Konstruksi 9) Permasalahan Dalam Pekerjaan Konstruksi 10) Manfaat Penggunaan Manajemen Konstruksi 11) Indikator Keberhasilan Konstruksi 12) Latihan 13) Rangkuman 14) Evaluasi b) Materi Pokok 2.

9 Pengenalan Bangunan Infrastruktur 1) Jenis Bangunan Infrastruktur 2) Rangkaian Kegiatan Pembagunan Infrastruktur 3) Peran Kementerian PUPR Dalam Pembangunan Infrastruktur 4) Latihan 5) Rangkuman 6) Evaluasi c) Materi Pokok 3: Pedoman umum PENGAWASAN Pekerjaan Konstruksi 1) Pengertian PENGAWASAN Pekerjaan Konstruksi 2) Prinsip dan Norma PENGAWASAN 3) Konsep dan Kriteria PENGAWASAN 4) Tujuan dan Sasaran Konstruksi 5) Ruang Lingkup Tugas PENGAWASAN 6) Daftar Simak Tugas PENGAWASAN 7) Sarana PENGAWASAN (Dokumen Kontrak) 8) Latihan MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI 3 9) Rangkuman 10) evaluasi MODUL 3 PEMAHAMAN umum PENGAWASAN KONSTRUKSI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN SUMBER DAYA AIR DAN KONSTRUKSI 5 BAB II KONSEPSI KONSTRUKSI Dasar Hukum a) UU No. 2 Tahun 2017 Tentang Jasa Konstruksi b) PP No. 29 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Jasa Konstruksi, sebagaimana terakhir diubah dengan PP No.

10 54 Tahun 2016 tentang Perubahan Ketiga atas PP No. 29 Tahun 2000 tentang Penyelenggaraan Jasa Konstruksi c) Perpres No. 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah, sebagaimana terakhir diubah dengan Perpres No. 4 Tahun 2015 tentang Perubahan Keempat atas Perpres No. 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah d) PerMen PUPR No. 15/PRT/M/2015 Tentang Organisasi dan Tata Kerja kementrian PUPR e) PerMen PU Nomor 06/PRT/M/2008 tentang Pedoman PENGAWASAN Penyelenggaraan Pekerjaan Konstruksi f) PerMen PU Nomor 15/PRT/M/2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja PUPR g) PerMen PU Nomor 24/PRT/M/2014 tentang Pedoman Pelatihan Berbasis Kompetensi Bidang Jasa Konstruksi h) PerMen PAN Nomor tentang Kebijakan PENGAWASAN Nasional Aparat PENGAWASAN Nasional Aparat PENGAWASAN Intern Pemerintah Tahun 2007-2009 Pengertian Pekerjaan Konstruksi Kata Konstruksi secara umum dipahami sebagai segala bentuk pembuatan atau pembangunan infrastuktur seperti jalan, jembatan, gedung, perumahan, bendung, saluran irigasi dan lain lain, serta pelaksanaan pemeliharaan dan Indikator Hasil Belajar.


Related search queries