Example: biology

BUKU PEDOMAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) - UNUD

BUKU PEDOMAN PROBLEM BASED . LEARNING . (PBL). Tim Penyusun I Made Budi Arsika, SH.,LLM. Kadek Agus Sudiarawan, SH.,MH. Ni Ketut Supasti Dharmawan SH., ,LLM. Putu Aras Samsithawrati.,SH.,LLM. I Gusti Agung Ayu Dike Widhyaastuti, SH.,MH. Made Mahartayasa, SH.,MH. i UNIT PENJAMINAN MUTU FAKULTAS HUKUM. UNIVERSITAS UDAYANA. 2016. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Lingkup Hak Cipta Pasal 1. 1. Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Panduan Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Tinggi (Sebuah Alternatif Penyusunan Kurikulum), Sub Direktorat KPS (Kurikulum dan Program Studi), Direktorat Akademik, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Jakarta, 2008. Pada prinsipnya KBK …

Tags:

  Based, Learning, Problem, Pendidikan, Problem based learning

Information

Domain:

Source:

Link to this page:

Please notify us if you found a problem with this document:

Other abuse

Transcription of BUKU PEDOMAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) - UNUD

1 BUKU PEDOMAN PROBLEM BASED . LEARNING . (PBL). Tim Penyusun I Made Budi Arsika, SH.,LLM. Kadek Agus Sudiarawan, SH.,MH. Ni Ketut Supasti Dharmawan SH., ,LLM. Putu Aras Samsithawrati.,SH.,LLM. I Gusti Agung Ayu Dike Widhyaastuti, SH.,MH. Made Mahartayasa, SH.,MH. i UNIT PENJAMINAN MUTU FAKULTAS HUKUM. UNIVERSITAS UDAYANA. 2016. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 28 Tahun 2014 Tentang Hak Cipta Lingkup Hak Cipta Pasal 1. 1. Hak Cipta adalah hak eksklusif pencipta yang timbul secara otomatis berdasarkan prinsip deklaratif setelah suatu ciptaan diwujudkan dalam bentuk nyata tanpa mengurangi pembatasan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

2 Ketentuan Pidana Pasal 113. 1. Setiap Orang yang dengan tanpa hak melakukan pelanggaran hak ekonomi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf i untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 1 (satu) tahun dan / atau pidana denda paling banyak Rp. ,00 (seratus juta rupiah). 2. Setiap Orang yang dengan tanpa hak dan / atau tanpa izin Pencipta atau pemegang Hak Cipta melakukan pelanggaran hak ekonomi Pencipta sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (1) huruf c, huruf d, huruf f, dan / atau huruf h untuk Penggunaan Secara Komersial dipidana dengan pidana penjara paling lama 3 (tiga) tahun dan /.

3 Atau pidana denda paling banyak Rp. ,00 (lima ratus juta rupiah). ii KATA PENGANTAR. Puji syukur kehadapan Tuhan Yang Maha Esa/Ida Sang Hyang Widhi Wasa karena atas Asung Kertha Wara Nugraha-Nya serta berkat seluruh kerja keras tim penyusun dibawah bimbingan pimpinan Fakultas Hukum Universitas Udayana (FH Unud) dan Unit Penjaminan Mutu FH Unud (UPMFH Unud), Buku PEDOMAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) ini dapat selesai tepat pada waktunya. Buku PEDOMAN ini merupakan salah satu dari program kerja UPMFH Unud. Buku PEDOMAN PBL memuat tentang karakteristik PBL sebagai salah satu metode pembelajaran Stident Centered LEARNING , yaitu suatu metode dalam proses pembelajaran yang berfokus pada mahasiswa yang aktif, proses pembelajaran dua arah, aktif-reflektif, serta peran tutor yang reaktif.

4 Proses pembelajaran dengan metode PBL menggunakan Block Book, Reader, serta Bahan Ajar lainnya sebagai PEDOMAN dan referensinya. Dalam Buku PEDOMAN PBL ini memuat proses pembelajaran yang pada intinya terdiri dari kegiatan perkuliahan dua arah serta kegiatan tutorial dengan pendekatan Seven Jump Approach (Seven Step Approaches) pada kelas- kelas dengan jumlah mahasiswa dalam kelompok kecil ( 16-20 orang) dan PBL modifikasi pada kelas mahasiswa dengan kelompok besar (lebih dari 30 mahasiswa dalam satu kelasnya), serta Tutor Check List. Buku PEDOMAN ini juga memuat relevansi PBL bagi institusi pendidikan hukum, mahasiswa, pengajar, dan bagi tutor yang dilengkapi dengan PEDOMAN praktis dalam pelaksanaan metode PBL dalam proses pembelajaran di Fakultas Hukum.

5 Dengan terbitnya Buku PEDOMAN PBL ini diharapkan dapat bermanfaat baik secara teoritis maupun praktis dalam dunia pendidikan di Perguruan Tinggi, khususnya pelaksanaan perkuliahan dengan metode PROBLEM BASED LEARNING di FH Unud. Melalui buku ini disampaikan terima kasih atas berbagai dukungan baik moral maupun finansial atas terbitnya buku ini kepada Prof. Dr. I Made Arya Utama, SH., (Dekan FH. Unud), Dr. Gde Made Swardhana, SH.,MH (Wakil Dekan I FH Unud), Dr. Ni Ketut Sri Utari, SH.,MH (Wakil Dekan II FH Unud), Dr. I Gede Yusa, SH.,MH (Wakil Dekan III FH Unud), Bapak I Nengah Suantra SH, MH (Ketua UPMFH Unud) serta Ibu Made Nurmawati SH, MH.

6 (Sekretaris UPMFH Unud). Selain itu juga ucapan terima kasih ditujukan kepada seluruh tim penyusun yang dengan ketekunan dan kerja kerasnya yang penuh dedikasi tanpa mengenal lelah telah berhasil menyusun Buku PEDOMAN ini tepat pada waktunya. Terima kasih pula kepada seluruh civitas academica FH Unud yang tidak bisa disebutkan secara satu persatau atas segala dukungannya dalam pembuatan Buku PEDOMAN ini.. Denpasar, 20 Desember 2016. Tim Penyusun iii SAMBUTAN. DEKAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS UDAYANA. Om Swastiastu, Puji syukur dipanjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa (Ida Sang Hyang Widhi Wasa).

7 Karena atas Asung Kertha Wara Nugraha-Nya serta AnugrahNYA, Buku PEDOMAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) yang disusun oleh Tim penyusun dapat menyelesaikan dan menerbitkan Buku PEDOMAN PBL tepat pada waktunya. Kami sangat mengapresiasi terbitnya Buku PEDOMAN PBL ini, sehingga proses pembelajaran aktif yang berbasis Student LEARNING Centered dengan salah satu modelnya metode PBL dapat terlaksana dengan efektif. Keberadaan Buku PEDOMAN yang memuat PEDOMAN dan langkah-langkah dalam proses pembelajaran dengan metode PBL relevan dalam mendukung kurikulum serta bermanfaat bagi institusi Fakultas Hukum, bagi mahasiswa, dosen, maupun tutor, karena dalam Buku PEDOMAN ini dimuat secara detail tentang langkah-langkah dalam pelaksanaan metode PBL baik dalam proses perkuliahan dua arah maupun pada tahapan turorial yang menggunakan pendekatan Seven Jump Approach mengacu pada Block Book, Reader, serta Bahan Ajar lainnya sebagai PEDOMAN dan referensinya.

8 Proses pembelajaran yang didukung dengan metode pembelajaran aktif, salah satunya metode PBL secara berkelanjutan penting dikembangkan karena metode pembelajaran ini mampu meningkatkan knoledge, skill dan value mahasiswa yang pada akhirnya dapat meningkatkan kualitas lulusan. Penerbitan Buku PEDOMAN PBL ini menambah koleksi buku yang disusun oleh para Dosen FH UNUD, Selaku Dekan, kami mengucapkan selamat atas terbitnya Buku PEDOMAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL), sekali lagi kami smengapresiasi terbitnya buku ini, semoga dapat menambah khasanah ilmu baik secara teoritis maupun praktis, khususnya dalam bidang metode pembelajaran aktif.

9 Denpasar, 27 Desember 2016. Dekan Fakultas Hukum Universitas Udayana Prof. Dr. I Made Arya Utama,SH, NIP. 19650221 199003 1 005. iv DAFTAR ISI. KATA PENGANTAR .. iii SAMBUTAN DEKAN FAKULTAS HUKUM UNIVERSITAS UDAYANA iv DAFTAR ISI .. v BAB I KONSEP PROBLEM BASED LEARNING . 1. PROBLEM BASED LEARNING . 1. BASED LEARNING Sebagai Bagian dari Stident Centered LEARNING .. 1. Kemunculan dan Penyebaran Probem BASED LEARNING . 7. Probem BASED LEARNING Pada Perguruan Tinggi di 8. Indonesia .. BAB II ADOPSI PROBLEM BASED LEARNING DI FH. UNUD .. 12. BAB III RELEVANSI PROBLEM BASED LEARNING DALAM pendidikan .

10 HUKUM DI FH UNUD .. 14. Relevansi Probem BASED LEARNING Bagi Institusi Penddikan Hukum 14. Relevansi PROBLEM BASED LEARNING Bagi 15. Relevansi PROBLEM BASED LEARNING Bagi 21. Relevansi PROBLEM BASED LEARNING Bagi 23. Relevansi PROBLEM BASED LEARNING bagi Pengguna Alumni (Alumni User).. 27. BAB IV PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING DI FH. UNUD .. 30. Penentuan Planning 30. Penyusunan Block Book dan Reader .. 30. Pengorganisasian Jadwal Pelaksanaan .. 30. Persiapan Teknis . 30. Pelaksanaan 31. Evaluasi .. 31. BAB V MODIFIKASI DAN INOVASI PROBLEM BASED LEARNING DI FH. UNUD .. 32. Seven Jump Approach (Seven Step Approach).


Related search queries